HOME » BERITA » AKIBAT WABAH VIRUS CORONA, PEMBELIAN MOBIL DI CHINA JUSTRU NAIK

Akibat Wabah Virus Corona, Pembelian Mobil di China Justru Naik

Rupanya virus Corona membuat daya beli mobil warga China meningkat. Hal itu lantaran mereka tak mau terinfeksi COVID-19 saat menggunakan tranportasi umum.

Sabtu, 21 Maret 2020 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
Akibat Wabah Virus Corona, Pembelian Mobil di China Justru Naik
Warga di China menghindarai transportasi umum (Xinhuanet/Zing)

OTOSIA.COM - Penyebaran virus Corona bermula dari Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, di China. COVID-19 itu lantas menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Sementara kini kasus kematian akibat virus Corona terjadi di Italia, Eropa.

Penyebaran virus Corona disebut terjadi dari orang ke orang, melalui droplets atau tetesan kecil air. Akibatnya, untuk menekan angka penularan, semua orang diminta untuk tak berada di kerumunan dan menjaga jarak atau social distancing.

Rupanya, hal itu memicu peningkatan pembelian mobil di China. Melansir Zing, hasil survey yang dilakukan Ipsos pada bulan lalu di China, menunjukkan bahwa warga menghindari menggunakan transportasi publik karena takut terinfeksi virus Corona.

1 dari 1 Halaman

Menurut survey tersebut, pengguna transportasi umum bus berkurang 50 persen. Begitu juga dengan pengguna taksi dan trem juga menurun. Tapi di sisi lain, penggunaan mobil pribadi justru naik, hampir dua kali lipat.

Hal itu memicu pembelian mobil meningkat. Sebanyak 66 persen orang berencana membeli mobil pada 6 bulan ke depan. Setidaknya 77 persen orang mengungkapkan pembelian mobil lantaran mereka tak mau terinfeksi COVID-19 saat menggunakan transportasi publik.

COVID-19 juga disebut membuat pembelian mobil secara online meningkat. Aplikasi jual beli mobil, website, dan social networks pun ikut tumbuh.

BERI KOMENTAR