HOME » BERITA » AKSI PEMOTOR BAWA KAYU HINGGA HALANGI JALAN, NETIZEN: NYALIP NGERI GAK NYALIP KESEL

Aksi Pemotor Bawa Kayu hingga Halangi Jalan, Netizen: Nyalip Ngeri Gak Nyalip Kesel

Video aksi pemotor bawa kayu hingga halangi jalan

Sabtu, 21 Agustus 2021 16:15 Editor : Ahmad Muzaki
Aksi Pemotor Bawa Kayu hingga Halangi Jalan, Netizen: Nyalip Ngeri Gak Nyalip Kesel
Pemotor bawa kayu (Instagram/dashcam_owners_indonesia)

OTOSIA.COM - Pada dasarnya mengangkut barang dengan sepeda motor diperbolehkan, namun tak boleh berlebihan hingga berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Meski begitu, tetap saja ada pemotor yang nekat melakukannya.

Hal itulah yang dilakukan dua pria yang naik motor dalam video unggahan akun Instagram @dashcam_owners_indonesia pada Kamis (19/8/2021). Dari keterangan yang ada, lokasi video ini berada di Silo, Jember, Jawa Timur.

1 dari 5 Halaman

Berdasarkan video tersebut, awalnya terlihat ada dua pria yang berboncengan naik motor matik. Namun nekatnya keduanya membawa beberapa kayu dengan ukuran cukup panjang.

Kayu-kayu tersebut diletakkan di atas paha pria yang dibonceng dengan posisi horizontal. Alhasil kayu-kayu tersebut menghalangi jalan dan menghambat laju kendaraan di belakangnya.

2 dari 5 Halaman

Karena dimensi motor bertambah lebar, laju motor pun kerap diarahkan ke tengah, terutama saat ada mobil diparkir di pinggir jalan. Jika tidak, bisa saja kayu-kayu tadi menabrak mobil yang diparkir.

Video yang menunjukkan kejadian ini pun telah ditonton lebih dari 58 ribu kali. Banyak netizen yang menuliskan komentar, mereka geram dengan aksi pemotor tersebut.

"Nyalip ngeri, ga nyalip kesel haha," tulis @imanumara

"Banyak sering menjumpai model kaya gitu, tapi saya lebih banyak memaklumi aja," komentar @syamsul_mn40

"Tnpa plat nomer n plat otak," jelas @saiful_muqoddam

"Sajane kayunya jangan di bawa melintang gitu. Harus nya di bawa vertikal," tulis @alexanderstevanu

3 dari 5 Halaman

4 dari 5 Halaman

Terkait insiden seperti ini, sebenarnya pemerintah telah membuat peraturan yang jelas. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan pasal 10 ayat (4) dan pasal 11.

Dijelaskan bahwa muatan motor tidak boleh memiliki lebar lebih dari seteng kemudi. Selain itu, barang muatan yang dibawa harus diletakkan di belakang pengendara.

5 dari 5 Halaman

Untuk ketinggiannya, tinggi barang tidak boleh melebihi 900 milimeter atau kurang dari satu meter dari atas tempat duduk pengemudi.

BERI KOMENTAR