HOME » BERITA » AKSI PUNGLI DENGAN MENUTUP JEMBATAN DI DELI SEDANG BIKIN RESAH WARGA

Aksi Pungli dengan Menutup Jembatan di Deli Sedang Bikin Resah Warga

Bikin geram, aksi pungli sampai nekat tutup jembatan terjadi di Deli Sedang

Selasa, 14 September 2021 19:15 Editor : Ahmad Muzaki
Aksi Pungli dengan Menutup Jembatan di Deli Sedang Bikin Resah Warga
Tutup Jembatan dan Minta Uang Instagram/@medantalk ©2021 Merdeka.com

OTOSIA.COM - Aksi pungli di Indonesia masih marak terjadi, salah satunya di Kota Medan dan sekitarnya. Tak ayal banyak warga yang resah dan terkadang aksi seperti ini sampai viral di media sosial.

Seperti baru-baru ini, aksi pungli kembali terjadi, tepatnya di Deli Serdang. Dalam unggahan di akun Instagram @medantalk pada Senin (13/9), sejumlah orang yang dengan sengaja menutup akses jembatan di daerah Tuntungan.

1 dari 5 Halaman

Para oknum itu menutup akses jembatan dan meminta uang kepada setiap pengendara yang hendak lewat. Akibat aksi penutupan ini, banyak pengendara sepeda motor yang berhenti.

"Dimintain duit itu buat beli tuak pasti," ujar perekam video.

Menurut keterangan warga, pengendara yang tak mau membayar disuruh putar balik dan tak dibiarkan lewat. Berikut informasi selengkapnya.

2 dari 5 Halaman

Tutup Jalan dan Minta Uang

Instagram/@medantalk 2021 Merdeka.com

Dalam video tersebut, sejumlah orang terlihat menutup jalan di sebuah jembatan di daerah Tuntungan, Deli Serdang, dengan pembatas jalan.

Menurut keterangan di unggahan itu, para oknum sengaja menutup akses jembatan sebagai modus untuk meminta uang kepada para pengendara yang hendak lewat.

Akibatnya, sejumlah pengendara motor terlihat berhenti di jembatan tersebut. Tak diketahui bagaimana kelanjutan aksi pungli tersebut, namun menurut perekam video, pengendara yang tak mau membayar dipaksa suruh memutar balik.

"Gak mau bayar disuruh putar balik lewat Pajak Melati sana," tulis keterangan dalam video.

3 dari 5 Halaman

Modus Penutupan

Instagram/@medantalk 2021 Merdeka.com

Usut punya usut, jembatan yang ditutup tersebut diketahui merupakan jembatan di mana beberapa waktu lalu terjadi kecelakaan sebuah mobil yang terbalik akibat kondisi jalan yang rusak.

Video kondisi mobil saat kecelakaan pun sempat viral di media sosial, seperti yang diunggah oleh akun Instagram @apecerita_medan pada Sabtu (11/9).

Usai peristiwa tersebut, kondisi jalan yang rusak itu diduga dimanfaatkan oleh para oknum untuk melakukan penutupan jalan dan melakukan pungli kepada para pengendara yang memaksa ingin melintas.

4 dari 5 Halaman

Reaksi Warganet

Video ini pun mengundang beragam komentar dari warganet. Sebagian besar ikut menyayangkan aksi penutupan dan pungli para oknum tersebut.

"Buset, kek orang tu aja yg bikin jembatan nya ya.. Paling itu duit buat beli rokok," tulis akun @ezzapro007.

"Udah bayar kemanalah duit itu?" tulis akun @arifyandi_.

5 dari 5 Halaman

Beberapa warganet lainnya ikut membenarkan kondisi di sepanjang jembatan tersebut memang sudah lama kondisinya rusak namun belum juga diperbaiki oleh pemerintah setempat.

"Tolong buat pemerintah yg terkait untuk di tindak lanjuti mslh jembatan ini. Supaya tidak ada lagi yg namanya pungli di jembatan ini, sudah hampir 1 thn tp jambatan blm juga diperbaiki sepenuhnya," tulis akun @andreyugaa.

Penulis: Fatimah Rahmawati

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR