HOME » BERITA » AKTIVIS KESELAMATAN DI MALAYSIA USUL PELARANGAN EDAR MOTOR BENSIN

Aktivis Keselamatan di Malaysia Usul Pelarangan Edar Motor Bensin

Ide pelarangan sepeda motor bermesin bensin diusulkan oleh aktivis keselamatan jalan di Malaysia. Sebelumnya ide larangan sepeda motor tak boleh melintas di jalan raya juga disampaikan, dengan alasan keselamatan.

Kamis, 26 September 2019 19:45 Editor : Dini Arining Tyas
Aktivis Keselamatan di Malaysia Usul Pelarangan Edar Motor Bensin
Ide larangan sepeda motor konvensional (Zing)

OTOSIA.COM - Peneliti keselamatan jalan Institute of Malaysia, Sharhim Tamrin mengatakan kepada pemerintah untuk melarang sepeda motor yang memakai mesin bensin. Dia meminta untuk mempertimbangkan sepeda motor listrik sebagai alternatif.

Melansir Zing, usulan yang disampaikan dalam sebuah agenda acara itu beralasan bahwa sepeda motor listrik memiliki batas daya jangkau. Begitu juga dengan batas kecepatannya sekitar 80 kpj.

Sharhim mengatakan, larangan ini seperti yang dilakukan oleh Cina dan Taiwan. Meskipun faktanya dua negara itu tak melarang sepeda motor konvensional, tapi mereka mendorong warganya untuk memakai endaraan listrik karena ramah lingkungan. Cina juga tak mau ekonominya bergantung kepada minyak.

Shahrim juga menyebutkan bahwa orang berusia antara 15-16 tahun lebih senang berkendara dengan kecepatan tinggi. Dia mengkritisi pabrikan sepeda motor yang memfokuskan menonjolkan performa, yang mana akan membuat pemiliknya berkendara kencang dan mencari cara agar kendaraan mereka bisa melaju lebih kencang.

1 dari 1 Halaman

Larangan Sebelumnya

Aktivis Keselamatan di Malaysia Usul Pelarangan Edar Motor BensinLarangan Sebelumnya

Sebelumnya, ada pengajuan larangan sepeda motor oleh Menteri Tenaga Kerja Malaysia, Fadilah Yusof, pada tahun 20113 lalu. Dia menyerukan agar sepeda motor dilarang diapakai di jalan raya karena alasan keamanan.

Asisten direktur polisi lalu lintas dan agegn investigasi kepolisian Royal Malaysian police setuju dengan ide itu. Pemerintah harus melarang sepeda motor di bawah 250cc untuk melintas di jalan raya.

Alasannya, tingkat kematian pengemudi sepeda motor di jalan raya lebih tinggi daripada pengemudi meskipun jumlah kecelakaan mobil lebih banyak.

 

BERI KOMENTAR