HOME » BERITA » ALASAN DATSUN CROSS CVT PUNYA TENAGA LEBIH BESAR DARI MANUAL

Alasan Datsun Cross CVT Punya Tenaga Lebih Besar Dari Manual

Datsun Cross dihadirkan dalam dua pilihan transmisi yaitu manual 5 percepatan dan Continuous Variable Transmission (CVT). Keduanya mengusung mesin yang sama, hanya saja Datsun memberikan setingan yang berbeda, sehingga membuat tenaga Cross CVT naik 10 hp.

Sabtu, 05 Mei 2018 07:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Datsun Indonesia

OTOSIA.COM - Datsun Cross dihadirkan dalam dua pilihan transmisi yaitu manual 5 percepatan dan Continuous Variable Transmission (CVT). Keduanya mengusung mesin yang sama, hanya saja Datsun memberikan setingan yang berbeda, sehingga membuat tenaga Cross CVT naik 10 hp.

Peningkatan tenaga ini untuk membantu kerja CVT. Sehingga membuat pengalaman berkendara terasa halus dan responsif akselerasinya.

"Jadi CVT ini dikembangkan bersama dengan mesin yang digunakan sekarang. Jadi (naik 10 hp) biar lebih mudah si CVT ini dikontrol karena kan wide gear ratio," jelas Anton Khristianto, Manajer R&D Nissan Motor Indonesia di Yogyakarta, Kamis (03/05).

Jika memang dibutuhkan tenaga untuk mempermudah kerja CVT, mengapa Datsun tak sekalian meningkatkan torsinya?

Mesin Cross CVT dengan manual masih memiliki torsi yang sama, yaitu 104 Nm. Padahal jika melihat pengertiannya, torsi merupakan gaya untuk menggerakkan. Dan hal ini dibutuhkan untuk CVT yang sering dikenal sebagai jenis transmisi lemot.

"Menurut studi kita masih cukup (torsi Cross), karena dengan gear ratio yang lebar itu bisa menyesuaikan," jelas Anton.

(kpl/fid/tys)

BERI KOMENTAR