HOME » BERITA » ALASAN DI BALIK PERBEDAAN LAMBANG HONDA MOBIL DAN MOTOR

Alasan di Balik Perbedaan Lambang Honda Mobil dan Motor

Jum'at, 21 April 2017 20:00

Alasan di Balik Perbedaan Lambang Honda Mobil dan Motor
Foto: Walpaper Safari
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Tentunya kita semua sudah tidak asing dengan dengan nama Honda. Tetapi, Honda roda 2 dan roda 4 memiliki lambang yang berbeda, yang satu sayap mengepak dan yang lain hanya huruf 'H'. Tapi tidak banyak yang mengetahui artinya dan mengapa ada perbedaan itu.

Lambang asli dari Honda sendiri adalah sayap. Soichiro Honda, pendiri Honda, pada tahun 1948 memilih lambang sayap terinspirasi dari Dewi Nike (Nenikhamen) yang punya sayap besar di punggungnya. Dewi Nike adalah Dewi Kemenangan & Keberhasilan (Victory) dalam mitologi Yunani Kuno.

Hal tersebut menginspirasi Soichiro Honda yang Bermimpi ingin produknya sukses dan berhasil di pasaran serta Sukses diajang Balap yang sudah sangat lama diimpikannya.

Terkait perbedaan antara Honda roda dua dan roda empat, juga terdapat perbedaan logo sehingga orang bisa mengenali mana logo untuk Honda yang memproduksi sepeda motor dan mana untuk mobil.

Pada awal pendiriannya, Honda hanya menggunakan logo sayap yang merupakan lambang dari Honda Motorcycle. Tetapi saat Honda mulai memproduksi kendaraan beroda empat, Honda membentuk sebuah divisi tersendiri yang memproduksi mobilnya untuk berjalan secara mandiri tetapi masih dibawah naungan merek Honda.

Hal tersebut konon dilakukan untuk berjaga-jaga, dimana Honda yang sudah terkenal dengan produk sepeda motornya yang menguasai pasar saat itu, tidak akan terpengaruh apabila divisi produksi mobilnya mengalami kegagalan, sehingga produksi sepeda motor tidak terkena imbas.

Tetapi kenyataannya, kedua produk dibawah merk Honda tersebut sukses meraih pangsa pasar dan menyaingi Toyota serta Nissan yang sudah berdiri lebih dahulu sejak zaman Perang Dunia di Jepang.

Hingga kini terdapat dua merk Honda yang ditujukan untuk produksi di bidang otomotif, yaitu Honda Motorcycle untuk sepeda motor dan Honda Car untuk mobil. Honda Car menggunakan lambang huruf H (adalah lambang yang terakhir diperkenalkan), sedangkan Honda Motorcycle masih menggunakan lambang pelopor Honda, yaitu lambang sayap.

Namun sebenarnya cabang produksi Honda tidak hanya di bidang otomotif, tetapi juga di bidang pengembangan teknologi (seperti bidang robotika yang menghasilkan prototype Asimo beberapa tahun yang lalu), adan ada juga yang memproduksi kendaraan udara (pesawat kecil, balon udara) serta ada pula yang memproduksi kendaraan perairan (seperti produksi kapal, mesin kapal, speed boat, yacht, jetski), dan lain-lain

(kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-25
detail

BERITA POPULER