HOME » BERITA » ALASAN DI BALIK SETIR MOBIL HARUS LURUS SAAT PARKIR

Alasan di Balik Setir Mobil Harus Lurus Saat Parkir

Ada beberapa dampak buruk saat setir mobil tak lurus ketika parkir

Minggu, 01 Desember 2019 10:15 Editor : Ahmad Muzaki
Alasan di Balik Setir Mobil Harus Lurus Saat Parkir
Ilustrasi setir mobil (carfromjapan.com)

OTOSIA.COM - Sudah bukan lagi rahasia umum kalau kebanyakan pemilik mobil memarkirkan kendaraannya dengan setir tak lurus. Padahal ini bukan soal estetika saja, tetapi lebih ke perawatan mobil itu sendiri.

Kebanyakan efek yang ada terjadi pada bagian ban. Karena jika tak lurus akan membuat tingkat keausan yang berbeda di setiap sisinya. Tunggu dulu! Ternyata efek tak luruskan setir saat parkir juga ada lagi lho Otolovers.

Maka dari itu sangat dianjurkan meluruskan setir saat parkir. Alasan lainnya adalah agar komponen pada power steering awet, apalagi kalau pakai model hidraulis.

Kenapa demikian? Power steering hidraulis bekerja dengan cairan minyak atau oli yang menghasilkan tekanan pada rack steer. Dari tekanan itulah beban tangan saat belokkan setir jadi terasa ringan. Karena bertumpu pada kinerja oli itu sendiri, maka ketika mesin mati oli akan terus tertekan dan tak bersirkulasi.

1 dari 1 Halaman

Bikin Jalur Oli Bocor

Alasan di Balik Setir Mobil Harus Lurus Saat ParkirBikin Jalur Oli Bocor

Lebih lanjut lagi, dilansir dari Suzuki Indonesia, ternyata hal ini bisa sebabkan seal dan jalur oli bisa jebol atau bocor. Efeknya setir akan berat saat dibelokkan.

Namun kondisi ini tak berlaku bagi mobil yang sudah dilengkapi dengan fitur electric power steering (EPS). Karena tumpuan tekanan pada rack steer sudah mengandalkan motor elektrik, bukan oli lagi. Sehingga tak akan ada pengaruh ketika parkir dengan setir lurus atau dimiringkan.

BERI KOMENTAR