HOME » BERITA » ALASAN LARANGAN LAMPU BELAKANG MOTOR DIGANTI NYALA PUTIH

Alasan Larangan Lampu Belakang Motor Diganti Nyala Putih

Rabu, 13 September 2017 08:15

Alasan Larangan Lampu Belakang Motor Diganti Nyala Putih
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Memodifikasi lampu belakang pada sepeda motor dengan nyala yang lebih terang memang menjadikan tampilannya lebih menarik, khususnya ketika motor dikendarai pada malam hari.

Namun perlu diketahui, mengubah lampu posisi belakang kendaraan yang biasanya menyala merah tersebut justru meresahkan pengendara lain, bahkan bisa menjadi celah penyebab terjadinya kecelakaan.

Lampu indikator yang juga menjadi satu dengan lampu rem ini ketika diganti dengan lampu yang lebih terang dan reflektornya diganti dengan warna bening justru akan menjadi pengganggu pengendara lain, khususnya pengendara dari belakang.

Dengan nyala terang, penggunaan lampu tersebut akan menyebabkan pengendara di belakangnya silau, sehingga rawan terjadi kecelakaan, sebab tidak bisa melihat kondisi jalan dengan baik.

Kemudian dari kejauhan penggunaan lampu seperti itu juga menjadikan pengendara lain salah persepsi. Motor yang menggunakan lampu seperti ini terlihat melaju ke depan, seperti pengendara yang dari lawan arah.

Untuk aturan mengenai penggunaan lampu posisi belakang sekaligus lampu rem ini juga sudah diatur dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 LLAJ pasal 48 ayat 2 huruf i: I. Sistem lampu dan alat pemantul cahaya, pada kendaraan terdiri atas:

1. Lampu utama dekat, warna putih, atau kuning muda.

2. Lampu utama jauh, warna putih, atau kuning muda.

3. Lampu penunjuk arah, warna kuning tua dengan sinar kelap-kelip.

4. Lampu rem, warna merah.

5. Lampu posisi depan, warna putih atau kuning muda.

6. Lampu posisi belakang warna merah.

7. Lampu mundur, warna putih atau kuning muda kalau memang memasang lampu rem putih tentu melanggar peraturan, kalau lampu utama putih tidak masalah.

Dari aturan tersebut, secara jelas pada poin nomor empat dan enam menegaskan pelarangan penggunaan lampu belakang sepeda motor dengan nyala terang, selain merah.

Untuk itu bagi yang masih suka modifikasi motornya dengan model tersebut, jangan salahkan jika akan dikenai tindak tilang oleh penegak disiplin.

Selain itu, kemungkinan juga akan mendapat cacian, bahkan tendangan dari pengendara lain yang merasa riau dan terganggu saat berkendara di belakangnya.

 (kpl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER