HOME » BERITA » ALASAN MENGAPA FERRARI IDENTIK DENGAN WARNA MERAH

Alasan Mengapa Ferrari Identik Dengan Warna Merah

Senin, 10 April 2017 19:15

Alasan Mengapa Ferrari Identik Dengan Warna Merah
Foto: Ferrari
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Apabila ditelusuri sejak awal diadakannya balap Formula 1 hingga saat ini, tim balap F1 Scuderia Ferrari selalu menggunakan warna merah.

Hal ini disebabkan ketika pertama kali Ferrari turun balap di tahun 1950, ada peraturan mengenai penampilan mobil untuk membedakan asal Negara peserta.

Peraturan saat itu mensyaratkan bahwa mobil asal Perancis memakai warna biru Bleu de France, Inggris berbalutkan hijau British Racing Green, bangsa Jerman yang seharusnya putih memutuskan menggunakan warna perak, dan perwakilan Italia mendapatkan warna merah yang dikenal sebagai Italiano Rosso Corsa atau Italian Racing Red.

Warna ini juga digunakan Ferrari dalam segala bentuk balap mobil, termasuk 24 Hours of Le Mans.

Warna merah digunakan untuk mobil yang dikomersilkan sebenarnya karena Ferrari memakai cat sisa dari mobil balapnya.

Selain itu, pada tahun awal balapan, Ferrari menggunakan uang hasil penjualan mobil komersial untuk menjalankan tim balapnya, maka dari itu mobil yang dijual diberi warna seperti mobil balap.

Ferrari sendiri hanya dua kali tidak memakai warna merah untuk balapan di Formula Satu.

Hal tersebut terjadi karena pada 1964 pihak otoritas olahraga Italia tidak mendukung tim Ferrari, sehingga pada saat berlomba di dua balapan terakhir di Amerika Serikat, Ferrari memakai warna balap milik Amerika Serikat, kombinasi biru dan putih, sebagai bentuk protes. Di luar dua balapan itu, Ferrari selalu menggunakan warna merah.

Perkembangan zaman membuat warna balap tradisional mulai ditinggalkan untuk memakai corak sponsor. Meski begitu, Ferrari selalu mengutamakan tradisi balap yang telah dimiliki.

Maka dari itu, jangan heran apabila Ferrari setia menggunakan warna merah Italiano Rosso Corsa.

 (kpl/fdk)

Ferrari SF70H
 
7 Foto






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER