HOME » BERITA » ALASAN MOBIL WAJIB TUTUP KACA SAAT MELAJU DI ATAS 60 KPJ

Alasan Mobil Wajib Tutup Kaca saat Melaju di Atas 60 Kpj

Pada kecepatan tinggi atau setidaknya di atas 60 kpj, kaca jendela mobil harus ditutup agar mobil tetap stabil.

Jum'at, 13 Maret 2020 14:15 Editor : Dini Arining Tyas
Alasan Mobil Wajib Tutup Kaca saat Melaju di Atas 60 Kpj
Toyota Supra GR 2020 (Topspeed)

OTOSIA.COM - Di jalan seperti jalan tol, kecepatan kendaraan biasanya di atas 60 kpj. Saat kecepatan tersebut, kaca jendela mobil wajib ditutup. Mengapa begitu?

"Kecepatan tinggi jendela harus ditutup karena pengaruh dengan kestabilan kendaraan," ujar Kombes Pol Singgatama, Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri, di sela-sela Eco Driving Jasa Marga, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Sementara itu, dijelaskan lebih lanjut oleh Eko Reksodipuro, Managing Director DSD Defensive Driving Training, dengan menutup kaca jendela mobil maka tidak ada angin yang masuk ke dalam kabin, dan mengurangi hambatan angin. Jadi, mobil bisa lebih stabil saat melaju di kecepatan tinggi.

1 dari 1 Halaman

"Ini kaitannya dengan aerodinamika. Kalau anginnya masuk akan mengganggu kestabilan berkendara, terutama saat di lembah. Seperti halnya di pesawat, kan tidak mungkin membuka kaca pesawat, di sini aerodinamika bermain," tegasnya.

Saat kecepatan sudah 60 km/jam, karena memang sudah akan mulai terasa dampak negatifnya terhadap pengendara mobil.

"Jadi, angin itu harus dialirkan ke atas atau ke bawah, belum lagi ada angin dari samping, meskipun kaca ditutup dan kecepatan mobil 100 km/jam pasti akan goyang, karena kekuatan angin itu luar biasa," pungkasnya.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR