HOME » BERITA » ALASAN PERGANTIAN PEMBALAP DI YAMAHA ENDURANCE FESTIVAL 2018 DIBERI WAKTU 2,5 MENIT

Alasan Pergantian Pembalap di Yamaha Endurance Festival 2018 Diberi Waktu 2,5 Menit

Selasa, 02 Oktober 2018 17:15 Editor : Ahmad Muzaki
Foto by Muhammad Hafid Asisi

OTOSIA.COM - Balap Yamaha Endurance Festival 2018 merupakan balap ketahanan pertama yang diadakan di Indonesia. Balapan ini tak hanya menguji kemampuan dan ketahanan pembalap, namun juga kesigapan kru tim di area paddock.

Soalnya, para kru tim ini ditantang untuk mempersiapkan motor ketika terjadi pergantian pembalap. Salah satunya seperti melakukan pengisian bahan bakar. Akan tetapi, proses pergantian pembalap yang diterapkan pada Yamaha Endurance Festival berbeda dengan balap ketahanan lain. Di mana pembalap yang bergantian baru boleh meninggalkan paddock setelah melewati waktu minimal 2,5 menit.

Lamanya waktu tunggu tersebut bukan tanpa alasan. Menurut Muhammad Abidin, GM Aftersales and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), gelaran ini masih dalam tahap pengenalan. Sehingga tidak memungkinkan apabila momen di paddock tersebut diberlakukan time-attack.

"Sebenarnya secepat-cepatnya, saat motor masuk pit para kru harus bekerja secepat mungkin untuk menyiapkan motor. Jadi bukan pembalap saja yang bersaing, tapi kru di pit stop," jelas Abidin.

Kurangnya pengalaman dan kemampuan pembalap dan kru tim dalam balap endurance dikatakan Abidin menjadi penyebab utama kekalahan. Soalnya cukup banyak fakfor negatif yang membutuhkan penanganan dari tim balap itu sendiri. Dan hal itu dapat tercapai apabila telah memiliki kemampuan serta fasilitas yang memadai.

"Banyak faktor negatif yang kamu harus perhatikan terkait safety. Misal penanganan apabila terjadi kebakaran saat mengisi bahan bakar. Masih banyak yang kurang. Jadi kami rasa saat ini masih tahap pengenalan dulu balap endurance kepada para pembalap, khususnya komunitas," jelas Abidin.

Reporter : Muhammad Hafid Asisi

 (kpl/fid/ahm)

BERI KOMENTAR