HOME » BERITA » ALASAN POSISI MESIN MOBIL LEBIH UMUM DI DEPAN DARIPADA TENGAH ATAU BELAKANG

Alasan Posisi Mesin Mobil Lebih Umum di Depan daripada Tengah atau Belakang

Mengapa penggunaan mesin yang diletakkan di tengah dan belakang tak banyak dilakukan pabrikan mobil?

Sabtu, 25 April 2020 19:15 Editor : Ahmad Muzaki
Alasan Posisi Mesin Mobil Lebih Umum di Depan daripada Tengah atau Belakang
Ilustrasi mesin mobil (carfromjapan.com)

OTOSIA.COM - Mesin menjadi jantungnya kendaraan. Bagian ini menjadi penggerak utama yang tenaganya disalurkan ke roda. Dalam perkembangannya sendiri, mobil ada yang pakai mesin di depan, tengah, dan belakang.

Namun, apakah Otolovers tahu kalau saat ini banyak mesin mobil yang diletakkan di bagian depan? Itu artinya posisinya berada di depan as roda depan kendaraan.

Lantas mengapa penggunaan mesin yang diletakkan di tengah dan belakang tak banyak dilakukan pabrikan mobil?

1 dari 3 Halaman

Pengendalian

Melansir dari Zingnews.vn, desain mesin mobil yang diletakkan di belakang memiliki kelemahan sulit dikendalikan. Karena bobot pada bodi tidak merata dan membuat sisi depan lebih ringan ketimbang belakang. Sehingga kendaraan akan alami oversteer ketika menikung dengan kecepatan tinggi.

Sedangkan mesin di depan memiliki rasio distribusi berat yang lebih merata. Efeknya sendiri kendaraan jadi lebih stabil saat dikendarai meski dalam kecepatan tinggi.

Kemudian mesin di tengah sebenarnya miliki distribusi bobot yang paling optimal ketimbang dua konfigurasi tadi. Namun akan mempengaruhi ruang interior yang makin sempit karena untuk mengakomodasi ruang mesin.

Kelemahannya lagi, ketika kehilangan kontrol, pengemudi akan kesulitan untuk mendapatkan keseimbangan mobil lagi karena adanya gaya sentrifugal yang besar.

2 dari 3 Halaman

Biaya Produksi

Terkait dengan biaya produksi, mesin yang ada di depan apalagi yang dikombinasikan sistem penggerak roda depan, memiliki ongkos produksi yang lebih murah. Itu dikarenakan berkurangnya bagian-bagian transmisi yang rumit untuk gandar belakang.

Berbeda halnya dengan mesin yang diletakkan di tengah atau belakang. Miliki biaya produksi tinggi yang kini dapat dijumpai di mobil sport dan supercar yang mengedepankan kecepatan bukan kenyamanan.

3 dari 3 Halaman

Ruang Kabin dan Bagasi

Menggunakan mesin yang ada di belakang, jelas akan mempengaruhi ruang kabin. Biasanya konfigurasi seperti ini ada di mobil sport dan supercar.

Selain itu, secara otomatis bagasi berpindah ke depan dan pastinya memiliki kapasitas yang tak selapang jika berada di belakang.

Seperti yang dijelaskan di atas, penggunaan mesin di tengah akan membuat kabin mobil terasa sempit karena sudah habis untuk akomodasi ruang untuk mesin mobil.

Sedangkan untuk jantung pacu di depan, mobil akan memiliki kabin dan bagasi yang luas. Pasalnya ruang mesin tak begitu menyita tempat keduanya.

BERI KOMENTAR