HOME » BERITA » ALL NEW HONDA BR-V RESMI DIEKSPOR, BAKAL MENGASPAL DI 30 NEGARA

All New Honda BR-V Resmi Diekspor, Bakal Mengaspal di 30 Negara

Hari ini, Rabu (16/3/2022), PT Honda Prospect Motor resmi mulai ekspor SUV Honda BR-V terbaru ke luar Indonesia.

Rabu, 16 Maret 2022 20:00 Editor : Arendra Pranayaditya
All New Honda BR-V Resmi Diekspor, Bakal Mengaspal di 30 Negara
Peresmian ekspor All New Honda BR-V (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

OTOSIA.COM - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi mengekspor SUV keluarga terbarunya All New Honda BR-V keluar Indonesia. Acara ini dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Hal ini menjadi momen penting bagi HPM, lantaran Honda BR-V dirancang dari mendasar untuk orang Indonesia dan dirakit secara lokal. Tidak hanya itu, banyaknya permintaan BR-V dari luar menunjukkan bahwa LSUV tujuh penumpang ini mempunyai banyak peminat secara internasional.

"Hari ini, kami melakukan seremoni pengiriman All New Honda BR-V ke sekitar 30 negara di seluruh dunia. BR-V diproduksi eksklusif di Indonesia, yaitu hanya di Pabrik Karawang. Kami sangat senang dan bangga atas kesempatan membawa produk kami ke konsumen di luar Indonesia," ungkap Takehiro Watanabe, President Director PT HPM.

1 dari 4 Halaman

Honda BR-V pertama yang meresmikan mulainya ekspor SUV keluarga ini (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

"Karena kualitas dan daya tarik produk Indonesia ini, banyak permintaan datang dari negara-negara lain," tambahnya.

Mobil ini nantinya akan dipasarkan ke sekitar 30 negara, salah satunya berada di kepulauan Karibia di Amerika Utara. Selain itu konten lokal SUV ini sudah lebih dari 80%, Dengan kata lain, Honda BR-V terbilang sebagai produk anak bangsa yang go international.

"All New Honda BR-V akan dikirim ke 29 negara, terutama negara-negara Caribbean. Mobil yang diekspor hari ini sudah mempunyai konten lokal 80 persen. Maka mobil yang diekspor hari ini adalah produk Indonesia," tutur Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agung Gumiwang Kartasasmita pada kesempatan yang sama.

2 dari 4 Halaman

Target

All New Honda BR-V di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakart (Otosia.com/Arendra Pranayditya)

Melihat tingginya permintaan, Honda berikan target untuk jumlah ekspor. Pasalnya sekitar 6.000 unit ditargetkan oleh Honda untuk BR-V, lalu mobil yang sudah diekspor lainnya, yaitu Brio diberi target 4.000 unit. HPM menargetkan untuk mencapai angka ini di bulan Desember 2022.

Proses ini tidak dilakukan secara serentak, namun secara perlahan. Pun hal yang sama ditemukan pada negara-negara yang bakal menerima Honda BR-V baru kelak. Sebagai contoh, hampir seluruh negara ASEAN bakal mendapatkan jatah All New BR-V, namun Vietnam tertunda ke tahun depan karena ada beda regulasi emisi.

3 dari 4 Halaman

Sesi tanya jawab bersama Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agung Gumiwang Kartasasmita (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

"Kepulauan Karibia itu banyak. (Lantas) 29 negara itu total nanti. Kalau Asia almost semua tahun ini, (kecuali) Vietnam tahun depan karena Vietnam sudah regulasi Euro 6. Untuk tahun ini kami ekspor ke Thailand, Filipina, Bangladesh, dan Sri Lanka," papar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, di waktu yang sama.

Sementara dari segi fitur, BR-V yang diboyong ke luar negeri tidak akan memiliki perbedaan fitur yang signifikan. Pada dasarnya SUV keluarga yang dipasarkan ke negara-negara di luar Indonesia akan memiliki spesifikasi yang mirip dengan versi lokal.

"Fitur berbeda sedikit, tapi basically nearly the same dengan versi spesifikasi Indonesia. Seperti disebutkan Watanabe-san, mobil ini di desain dan di develop untuk konsumen Indonesia. Setelah kita launchingbanyak negara-negara yang ingin mobil tersebut. Jadi speknya sangat mirip dengan Indonesia, hanya berbeda sedikit dalam hal fitur," tutup Yusak.

4 dari 4 Halaman

BERI KOMENTAR