HOME » BERITA » ALL-NEW NISSAN LIVINA BERBASIS MITSUBISHI XPANDER BELUM BERTAJI

All-New Nissan Livina Berbasis Mitsubishi Xpander Belum Bertaji

Meski sudah dirilis sejak Februari 2019, all-new Nissan Livina masih kurang bersaing dengan para rival sekelasnya.

Senin, 25 November 2019 10:15 Editor : Cornelius Candra
All-New Nissan Livina Berbasis Mitsubishi Xpander Belum Bertaji
All-new Nissan Livina (Nissan Indonesia)

OTOSIA.COM - Pada Februari 2019 lalu, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) secara resmi merilis all-new Nissan Livina. Lantaran bekerja sama dengan Mitsubishi, mobil Low MPV (LMPV) itu menggunakan Mitsubishi Xpander sebagai basisnya.

Hal ini ternyata juga membuat harga jualnya menjadi lebih rendah dibanding generasi sebelumnya. Hadir dalam 5 varian, all-new Nissan Livina dijual dengan harga Rp205,3-269,1 juta (OTR Jakarta).

Sayangnya, turunnya banderol all-new Nissan Livina tak membuat penjualannya mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan, mobil MPV 7-seater ini kurang bisa bersaing dengan produk lain sekelasnya.

1 dari 2 Halaman

Penjualan Menurun

All-New Nissan Livina Berbasis Mitsubishi Xpander Belum BertajiPenjualan Menurun

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada periode Oktober 2019 lalu, all-new Nissan Livina menjadi LMPV dengan penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) terendah, hanya 342 unit, turun dari September 2019 yang mencapai 737 unit.

Jumlah tersebut terpaut jauh dari Wuling Confero yang berada tepat di atasnya dengan penjualan 1.060 unit. Sedangkan Honda Mobilio pada periode Oktober 2019 lalu mencatatkan angka distribusi sebanyak 1.134 unit.

Sementara itu, penjualan Suzuki Ertiga cenderung stabil. Pada periode Oktober lalu, salah satu produk andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ini mencatatkan penjualan sebanyak 1.588 unit, naik 28 unit dari September 2019.

2 dari 2 Halaman

Masih Toyota Avanza

All-New Nissan Livina Berbasis Mitsubishi Xpander Belum BertajiMasih Toyota Avanza

Segmen LMPV masih dikuasai oleh Toyota Avanza. Mobil sejuta umat itu mencatatkan angka penjualan sebanyak 8.816 unit di periode Oktober 2019 lalu. Angka ini sebenarnya menunjukkan penurunan dari September 2019 yang mencapai 9.476 unit.

Sementara itu, di bawahnya ada Mitsubishi Xpander yang juga mengalami penurunan penjualan wholesales, meski tak signifikan. LMPV PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) itu terdistribusi sebanyak 4.236 unit pada Oktober lalu, turun 171 unit.

Peningkatan penjualan justru dirasakan oleh Daihatsu Xenia. Kembaran Toyota Avanza itu mencatatkan angka penjualan wholesales sebesar 2.106 unit pada Oktober 2019, naik dari 1.919 unit dari preiode September.

BERI KOMENTAR