HOME » BERITA » ANAK MILENIAL MAIN VESPA TUA, INI BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN

Anak Milenial Main Vespa Tua, Ini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Nah buat yang tertarik bermain atau ingin memiliki Vespa lawas, jangan lupakan beberapa hal. Pasalnya perawatan Vespa tua dengan modern jauh berbeda

Selasa, 18 Februari 2020 09:15 Editor : Ahmad Muzaki
Anak Milenial Main Vespa Tua, Ini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan
Gadis penyuka Vespa tua (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Vespa dikenal selalu menghadirkan kombinasi sempurna antara warisan budaya, modernitas, dan nuansa klasik elegan di setiap produknya. Vespa terus berevolusi dengan meningkatkan performa, teknologi dan kenyamanan, namun tetap menjaga dan melestarikan DNA Vespa pada setiap model yang menjadikannya sebagai skuter ikonik sepanjang masa.

Meski kini Vespa diproduksi lebih modern, model klasik bermesin dua langkah tetap-lah yang paling melegenda dan punya penggemar fanatik. Vespa 2-tak tetap digemari tua dan kaum muda hingga sekarang. Bahkan tidak sedikit generasi milenial yang menyukai Vespa klasik 2-tak.

Nah buat yang tertarik bermain atau ingin memiliki Vespa lawas, jangan lupakan beberapa hal. Pasalnya perawatan Vespa tua dengan modern jauh berbeda.

Sebenarnya merawat Vespa tua simpel, namun jangan mengabaikan teknik merawatnya. Salah-salah pemiliknya dibuat repot jika suatu saat besutannya mogok atau tali kopling putus di jalan.

1 dari 4 Halaman

Menurut Nario dari bengkel Abadi Motor, anak milenial yang tertarik main Vespa 2-tak harus paham beberapa hal. Setidaknya dia menyebut, oli mesin dan samping, busi, hingga kabel kopling yang menjadi bagian yang harus diperhatikan. Jangan lupa membawa tools kit khusus Vespa lawas.

"Asal rajin ganti oli, memperhatikan kekencangan tali kopling, dan busi, kalau dipakai jalan harian sebenarnya tidak masalah. Tali kopling usahakan jangan sampai kendur, karena bisa menyulitkan saat ganti gigi," bebernya.

2 dari 4 Halaman

Jika perlu membawa tali kopling cadangan buat antisipasi kabel kopling putus, sehingga tidak merepotkan maniak Vespa lainnya yang kebetulan hendak membantu di jalan.

Sama seperti tipikal motor dua tak lainnya, busi cadangan Vespa wajib dibawa, atau rajin-rajinlah membersihkan busi dari kerak yang mengendap.

Membersihkannya cukup dengan bensin atau menggunakan sikat kawat.
"Busi cadangan juga harus dibawa, buat jaga-jaga kalau mogok karena busi basah dan sebagainya. Ini juga menghemat waktu terburu-buru, agar tidak lebih dulu membersihkan busi sebelum dipakai lagi," tukasnya.

3 dari 4 Halaman

Tak kalah pentingnya, sering-seringlah membersihkan karburator, lalu semprot dengan tekanan udara tinggi di bagian-bagian penting, seperti pada spuyer dan komponen lainnya yang berhubungan dengan pengapian dan sebagainya.

Satu lagi, rutin mencucinya. Ingat, sebagian besar bodi dan komponen Vespa jadul terbuat dari besi, sehingga rawan korosi. Jika jarang dibersihkan, maka karat akan mudah hinggap di bodi dan bagian lain.

4 dari 4 Halaman

Sebaiknya bodi juga dipoles agar kinclong dan menarik perhatian. Motor klasik yang terlihat unik dan apik dirawat akan mengundang kekaguman orang di jalan. Pasti makin percaya diri kan saat naik Vespa klasik terlihat bersih dan mengkilap?

"Kalau mencuci perhatikan bagian kolong. Jangan lupa bersihkan kolongnya juga, sebab bagian inilah yang paling kotor. Kalau tidak dibersihkan bisa keropos. Buat menjaga warna agar cemerlang dan kinclong, poleslah bodi sesuai bahan yang direkomendasikan agak motor tetap mengkilap dan enak dilihat," pungkasnya.

BERI KOMENTAR