HOME » BERITA » ANTISIPASI MOBIL LISTRIK, TOTAL OIL DIAM-DIAM CIPTAKAN CAIRAN KHUSUS

Antisipasi Mobil Listrik, TOTAL Oil Diam-Diam Ciptakan Cairan Khusus

Kamis, 14 Februari 2019 17:15 Editor : Cornelius Candra
Proses pengisian daya mobil listrik (alternativesjournal.ca)

OTOSIA.COM - Saat ini hampir sebagian besar produsen mobil sudah menghadirkan mobil listrik, baik itu plug-in hybrid maupun full electric. Banyak yang memprediksi bahwa pada tahun 2040 mendatang, 20-30% kendaraan di dunia akan bertenaga listrik.

Jika memang benar demikian, maka kemungkinan besar beberapa perusahaan minyak dan oli akan mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan. Pasalnya, kendaraan bertenaga listrik tidak lagi membutuhkan bahan bakar minyak dan oli untuk melumasi mesinnya.

Mengantisipasi hal tersebut, ternyata salah satu produsen oli terbesar di dunia yaitu TOTAL telah mengeluarkan dua cairan khusus untuk mobil listrik. Pertama adalah TOTAL QUARTZ EV Fluid bagi mobil listrik penumpang dan TOTAL RUBIA EV Fluid yang ditunjukkan untuk truk dan bus listrik.

Cairan khusus mobil listrik tersebut sebenarnya telah diluncurkan pada November 2018 lalu. Namun, keduanya memang belum hadir di Indonesiakarena masih minimnya peredaran mobil listrik.

Produk-produk tersebut telah dikembangkan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan pendinginan dan pelumasan bagi berbagai komponen dalam mesin listrik. Dengan menggunakan EV Fluid, diharapkan kondisi mesin listrik akan selalu tetap dalam performa terbaiknya.

Kendaraan listrik dipastikan akan tetap membutuhkan cairan khusus untuk membantu menjaga suhu mesin serta mencegah korosi pada gulungan tembaga. Tidak hanya itu, EV Fluid dapat berguna untuk melumasi beberapa bagian transmisi agar komponen mekanisnya tetap terlindung.

Reporter : Muhammad Ikbal

(kpl/ikb/crn)

BERI KOMENTAR