HOME » BERITA » APA BEDA MOBIL 4WD DENGAN AWD?

Apa Beda Mobil 4WD dengan AWD?

Rabu, 04 April 2018 11:15

Apa Beda Mobil 4WD dengan AWD?
Ilustrasi : Car Throttle
Editor : Cornelius Candra Mobil Terkait : Mobil Nissan Skyline Dijual

Otosia.com - Mobil dengan penggerak empat roda tengah digemari masyarakat tanah air dalam beberapa tahun belakangan. Pasalnya, tak hanya mobil off road, tak sedikit SUV juga telah mengadopsi sistem tersebut.

Bahkan, sport car dan sedan mewah juga telah dibekali dengan sistem penggerak empat roda. Ternyata, ada dua jenis yang diproduksi oleh pabrikan, yakni 4WD dan all-wheel drive (AWD).

Lantas apa bedanya? Tak hanya istilah, cara kerjanya pun tak sama.

Diagram 4WD / howstuffworks.com

Sistem penggerak 4WD menggunakan diferesial tengah atau transfer case. Part tersebut berfungsi untuk membagi traksi pada roda depan dan belakang.

Biasanya, mobil yang mengusung sistem yang juga disebut 4X4 ini bisa mengubahnya menjadi 4X2 atau hanya dua roda. Gampangnya, pada 4WD, mesin hanya menggerakkan dua roda dan kemudian disalurkan kepada roda sisanya.

Toyota Land Cruiser / toyota.co.uk

Pembagian pada keempatnya pun merata sehingga masing-masing memiliki kecepatan putaran yang sama. Beberapa mobil yang menganut sistem ini ialah Toyota Land Cruiser, Range Rover, dan Jeep Cherokee.

Berbeda dengan 4WD, AWD tidak bisa diubah menjadi sistem 4X2. Pasalnya, tenaga dari mesin langsung disalurkan untuk menggerakkan keempat roda.

Diagram AWD / swedespee.com

Canggihnya lagi, pada beberapa mobil, pembagian tenaga pada masing-masing roda bisa berbeda. Teknologi tersebut memudahkan pengemudi ketika harus berbelok dengan kecepatan tinggi.

Bentley Mulsane / caranddriver.com

Hal itu membuat sistem AWD juga diterapkan pada beberapa super car dan luxury sedan, seperti Lamborghini Aventador, Nissan Skyline GTR R35, dan Bentley Mulsane.

 (kpl/crn)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-4-4
detail

BERITA POPULER