HOME » BERITA » APA BEDANYA MOTOR ADVENTURE, DUAL-SPORT, DAN ENDURO?

Apa Bedanya Motor Adventure, Dual-Sport, dan Enduro?

Sabtu, 08 Desember 2018 20:45 Editor : Cornelius Candra
KTM 1090 & 1290 Adventure (ridektm.com.au)

OTOSIA.COM - Sampai saat ini, masih ada beberapa orang yang sulit membedakan antara motor adventure, dual-sport, dan enduro. Pasalnya, ketiga genre tersebut tampak serupa dan memiliki nama global motor trail.

Lantas, apa perbedaan antara ketiganya? Simak ulasannya menurut Rideapart.com:

1. Motor Adventure

Yamaha Tenere 650

Genre ini biasanya terlihat seperti motor sport yang dibekali beberapa komponen motor trail, seperti kaki-kaki jenjang dan ban dual-purpose. Selain itu, bobotnya cenderung berat dan pengendaliannya tidak terlalu sempurna saat melibas medan off-road.

Meski demikan, motor adventure tampak gagah karena dimensinya yang cenderung besar. Selain itu, jenis ini terbilang nyaman saat digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Beberapa produk yang termasuk di segmen ini adalah Kawasaki Versys series, Yamaha Tenere series, Royal Enfield Himalayan, dan Viar Vortex.

2. Motor Dual-Sport

Honda CRF250L

Sama seperti motor adventure, jenis ini juga dibekali dengan kaki-kaki jenjang dan ban dual-purpose. Hanya saja, dimensinya cenderung ramping sehingga lebih mudah dikendalikan saat melibas medan off-road. Selain itu, karakter mesinnya tidak terlalu terpusat pada tenaga, tetapi torsi.

Kebanyakan, desain motor dual-sport sama seperti motor trail yang dilengkapi dengan beberapa komponen motor street-legal atau jalanan, seperti lampu-lampu, spion, dan dudukan pelat nomor. Beberapa motor di kelas ini yaitu Kawasaki KLX series, Honda CRF-L series, dan Yamaha WR series.

3. Motor Enduro

Kawasaki KX250

Jenis ketiga ini kerap dibilang sebagai motorcross atau motor trail murni. Motor enduro menggunakan ban off-road dan tidak memiliki beberapa komponen motor street-legal. Tak hanya itu, biasanya genre ini memiliki tangki yang ramping namun kapasitasnya besar.

Jok motor enduro biasanya tidak nyaman karena memang jarang digunakan untuk duduk dalam waktu yang lama. Di Indonesia, segmen ini dihuni oleh Kawasaki KX series dan negara lain juga memiliki Honda CRF-R series.

  (kpl/crn)

BERI KOMENTAR