HOME » BERITA » APA BEDANYA NISSAN SERENA INDONESIA DENGAN VERSI JEPANG?

Apa Bedanya Nissan Serena Indonesia Dengan Versi Jepang?

Selasa, 16 April 2019 21:15 Editor : Cornelius Candra
Nissan Serena HWS (Nissan Indonesia)

OTOSIA.COM - Nissan Serena terbaru yang dirilis di Indonesia pada Februari 2019 lalu berstatus CBU (completely built-up) atau didatangkan secara utuh dari Jepang. Meski demikian, ada beberapa komponen yang berbeda.

Jauhari Adzannis, General Manager R&D PT Nissan Motor Indonesia dalam Liputan6.com mengatakan, Serena yang ada di Indonesia telah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen akan mobil keluarga.

"Jadi penyesuaian-penyesuaian itu menyesuaikan berdasarkan verifikasi kita di lapangan, jadi sesuai dengan kondisi jalan kita, habbit berkendara dan itu ada beberapa yang belum terverifikasi," katanya di Sentul, Jawa Barat.

Selain itu, Jauhari menegaskan fitur-fitur yang tidak cocok di Indonesia apabila dipaksaan justru akan menjadi item yang tidak menguntungkan bagi konsumen dan cenderung menyusahkan.

"Seperti misalnya ini ada fitur pro pilot-nya, tapi dengan kondisi di Indonesia apakah ini menjadi hal yang bisa kita terapkan begitu. Garis-garis jalan saja putus dan hilang," ujarnya.

Tak hanya itu, rear view mirror yang disematkan di Terra juga masih enggan disematkan Nissan pada Serena terbaru, serta tak adanya panoramic roof.

"Tetapi di sini kan kita masih belum, itu sama juga, artinya secara validasi, secara actual road, dan penggunaan sehari-hari masih belum bisa memverifikasi ini untuk di segmen high MPV ini," tutur Jauhari.

Dari sisi dapur pacu, Serena juga memiliki beberapa perubahan dibandingkan dengan versi Jepang. Hal itu dilakukan terkait regulasi yang diterapkan di Indonesia.

Selain itu, ia juga mengaku bahwa mesin Nissan Serena mengalami penyesuaian dengan regulasi yang berlaku di Indonesia. Ubahan ini juga berperngaruh pada efisiensi konsumsi bahan bakar.

Sektor kaki-kaki pun tak luput dari ubahan. Suspensi Nissan Serena lebih keras dibanding versi Jepang guna mengurangi gejala limbung dan body rolling.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR