HOME » BERITA » APA DAMPAK JEMBATAN TIMBANG DIAMBIL ALIH PUSAT?

Apa Dampak Jembatan Timbang Diambil Alih Pusat?

Senin, 17 April 2017 21:45

Apa Dampak Jembatan Timbang Diambil Alih Pusat?
Foto: Arsip Otosia.com
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Beralihnya jembatan timbang ke pusat diharapkan dapat memberikan kontribusi yang baik dalam segala sektor. Lantas apa saja keuntungannya?

Jembatan timbang seringkali menjadi lokasi terjadinya pungutan liar. Pungutan ini bertujuan memuluskan kendaraan yang kelebihan beban agar dapat melenggang bebas di jalan.

Diharapkan dengan pengambil alihan pusat dengan memperketat regulasi untuk penggunanya, praktek tersebut dapat ditekan yang pastinya juga akan memberikan efek domino.

Efek domino tersebut antara lain berkurangnya perbaikan jalan yang disebabkan oleh angkutan bermuatan lebih. Dengan begitu arus lalu lintas menjadi tak terlalu sering terhambat, sehingga juga berdampak pada pergerakan arus ekonomi lebih baik.

"Kami berupaya memindahkan pengelolaan jembatan timbang ke pusat dengan harapan menjadikan transportasi Indonesia menjadi lebih baik, khususnya di sektor angkutan barang," ucap Nurhadi Unggul Wibowo, Kasubdit Teknologi Sarana Angkutan Kementerian Perhubungan.

Disamping itu, keselamatan berkendara di jalan ikut meningkatkan. Risiko truk mengalami kecelakaan akibat kelebihan beban pun dapat diantisipasi. Tentunya insiden yang terjadi di jalan ini juga bakal menghambat arus ekonomi.

 (kpl/fid/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER