HOME » BERITA » APA SAJA BEDA YAMAHA VIXION DAN YAMAHA VIXION R?

Apa Saja Beda Yamaha Vixion dan Yamaha Vixion R?

Sebenarnya, apa saja perbedaan pada Yamaha Vixion dan Yamaha Vixion R? Secara fisik, perbedaan paling signifikan pada keduanya adalah pilihan warna.

Rabu, 29 Agustus 2018 13:45 Editor : Cornelius Candra
Foto: Headlight All New Yamaha Vixion R/ Yamaha

OTOSIA.COM - Beberapa waktu lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan penyegaran pada dua motor naked-sport, yaitu All New Yamaha Vixion dan All New Yamaha Vixion R. Keduanya kini hadir dengan pilihan warna baru.

Sebenarnya, apa saja perbedaan pada Yamaha Vixion dan Yamaha Vixion R? Secara fisik, perbedaan paling signifikan pada keduanya adalah pilihan warna. All New Yamaha Vixion ditawarkan dalam warna Mettalic Black, Mettalic Yellow, dan Mettalic Red. Sedangkan All New Yamaha Vixion R dilabur warna doff, yaitu Matte Red, Matte Blue, dan Matte Grey.

Pilihan warna Yamaha Vixion

Secara fisik, perbedaan lainnya terletak pada kaki-kaki. Ukuran ban belakang All New Yamaha Vixion R mencapai 130/70-17 dan sudah tubeless atau tidak memakai ban dalam. Sedangkan ban belakang All New Yamaha Vixion berukuran 120/70-17 dan masih menggunakan ban dalam.

Masih di bagian belakang, All New Yamaha Vixion R sudah menggunakan swing-arm berbahan aluminium. Dengan demikian, bobot motor ini sedikit berkurang sehingga pengendaliannya menjadi lebih mudah dan stabil.

Pilihan warna Yamaha Vixion R

Di sektor depan, meski sama-sama dibekali speedometer digital, pada All New Yamaha Vixion R, komponen tersebut dilengkapi dengan shift timing light. Lampu ini berfungsi untuk memudahkan pengendara mengganti gear di waktu yang tepat guna memperoleh performa optimal.

Perbedaan yang cukup signifikan justru terletak pada sektor dapur pacu. All New Yamaha Vixion R mengusung mesin 1-silinder 155,1cc dan dilengkapi dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation). Konfigurasi tersebut menghasilkan tenaga sebesar 19 hp dengan torsi maksimum mencapai 14,7 Nm.

Kiri-kanan: Mesin Yamaha Vixion, Mesin Yamaha Vixion R

Sementara itu, mesin 1-silinder All New Yamaha Vixion hanya berkapasitas 150cc dan belum mengadopsi teknologi VVA. Meski demikian, dapur pacu bertenaga 16,3 hp dan torsi 14,2 ini sudah dilengkapi dengan ASC (Assist & Slipper Cltuch) layaknya All New Yamaha Vixion R.

Mengenai harga, berdasarkan situs resmi YIMM, All New Yamaha Vixion dijual lebih murah, Rp26,5 juta (OTR Jakarta). Sedangkan banderol All New Yamaha Vixion R Rp3 juta lebih mahal, tepatnya Rp29,5 juta (OTR Jakarta).

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR