HOME » BERITA » APA SEBENARNYA FUNGSI HANDGUARD SEPEDA MOTOR?

Apa Sebenarnya Fungsi Handguard Sepeda Motor?

Komponen pelindung sepeda motor seperti engine-guard, headlamp-mask, dan handguard kini telah banyak beredar di pasaran.

Sabtu, 19 Mei 2018 13:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Handguard BMW R1200GS/ Twisted Throttle

OTOSIA.COM - Komponen pelindung sepeda motor seperti engine-guard, headlamp-mask, dan handguard kini telah banyak beredar di pasaran. Biasanya, aksesori tersebut diciptakan untuk sepeda motor petualang.

Namun, sejak tahun 2011 silam, ajang balap MotoGP pun mengharuskan pesertanya untuk menggunakan aksesori pelindung pada stang. Sebenarnya apa fungsinya?

Lever guard MotoGP

Pelindung tangan terdiri dari dua jenis, yaitu lever-guard yang digunakan pada motor sport dan hand-guard sebagai pelindung moto-adventure. Tak hanya bentuk, fungsinya pun berbeda meski sama-sama menjadi pelindung.

Seperti namanya, lever-guard berfungsi melindungi tuas rem dan kopling ketika motor terguling. Selain itu, aksesori ini mencegah tuas rem tertekan ketika berdempetan dengan sepeda motor lain. Karena itulah, ukurannya tak terlalu besar.

Handguard Kawasaki Versys-X 250

Beda halnya dengan handguard pada sepeda motor petualang. Aksesori ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar dan lebar. Bahkan, material penopangnya terbuat dari bahan yang keras dan tebal.

Hal itu dilakukan untuk melindungi tangan dari ranting-ranting pohon ketika harus melalui daerah hutan. Handguard juga berfungsi mencegah tangan terkena lontaran batu dari kendaraan di depan.

Handguard Honda X-ADV

Tak hanya itu, handguard juga mencegah tuas rem dan kopling patah ketika terjatuh layaknya leverguard. Aksesori ini pun dapat meminimalisir paparan angin pada tangan ketika melakukan perjalanan di malam hari.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR