HOME » BERITA » APA YANG MEMBUAT HELM BERISIK SAAT DIGUNAKAN?

Apa yang Membuat Helm Berisik Saat Digunakan?

Tak sedikit para pengendara motor mengeluh helmnya berisik. Sebenarnya, apa penyebab hal tersebut?

Sabtu, 24 November 2018 17:45 Editor : Cornelius Candra
Aerodinamika menjadi faktor utama kesunyian helm (Motoclub.bg)

OTOSIA.COM - Saat ini banyak helm yang beredar di pasaran, mulai dari brand lokal dengan harga di bawah Rp200 ribu hingga produk impor yang dibanderol di atas Rp1 juta. Dengan range harga yang bervariasi, tentu setiap produk memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Biasanya, pada helm impor atau premium, pengendara jarang mendengar suara angin yang berisik. Namun, hal ini justru kerap ditemui oleh para pengguna helm lokal dengan harga yang relatif murah. Sebenarnya, apa penyebabnya?

Mengutip dari Rideapart.com, penyebab suara berisik yang cenderung mengganggu tersebut adalah angin. Karena itu, semakin baik aerodinamikan suatu helm, maka helm bisa menjadi lebih sunyi dan nyaman bagi penggunanya.

Aerodinamika yang dimaksud tak hanya desain helm, tapi juga kondisi berbagai komponen pada helm tersebut. Biasanya, salah satu penyebab helm berisik adalah celah di antara visor dan cangkang helm. Selain itu, bagian ventilasi juga bisa menjadi salah satu sumbernya.

Karena itu, jika Otolovers memiliki helm yang sunyi, carilah helm yang lekuknya halus, minim aksesori, dan tidak terdapat celah antara visor dengan cangkangnya. Dengan kata lain, Otolovers perlu mengeluarkan biaya lebih banyak supaya seluruh kriteria tersebut terpenuhi.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR