HOME » BERITA » APPLE MULAI DEKATI TOYOTA UNTUK PENGEMBANGAN MOBIL LISTRIKNYA YANG DIKABARKAN DEBUT 2024

Apple Mulai Dekati Toyota untuk Pengembangan Mobil Listriknya yang Dikabarkan Debut 2024

Untuk mencari solusi atas beberapa kendala, Apple mulai dekati Toyota

Minggu, 05 September 2021 15:15 Editor : Ahmad Muzaki
Apple Mulai Dekati Toyota untuk Pengembangan Mobil Listriknya yang Dikabarkan Debut 2024
Ilustrasi mobil (Gaadiwaadi)

OTOSIA.COM - Gembar-gembor keikutsertaan Apple di dunia otomotif sudah tersiar sejak lama. Raksasa teknologi ini pun kian hari semakin serius menggarap mobil listrik yang sedang dikembangkan.

Karena masih ada beberapa kendala, dalam laporan terbaru dari Gaadiwaadi, Apple akan mengadakan pertemuan dengan pihak Toyota. Mereka berencana untuk mencari solusi dari kendala-kendalan tadi.

1 dari 5 Halaman

Bertemu Toyota

Saat ini kelangkaan semikonduktor terjadi di seluruh dunia. Karena hal itulah, menjelang peluncuran mobil listrik pertamanya, Apple Car, Apple mendekati Toyota Motor Corporation.

Menurut Digitimes Asia, Apple saat ini tengah dalam proses mencari pemasok untuk produksi mobil listrik pertamanya yang dikabarkan 3 tahun lagi diluncurkan atau 2024. Bahkan pihak Apple telah bertemu dengan SK Group yang berbasis di Korea Selatan dan LG Electronics pada Agustus 2021 lalu untuk membicarakan pengembangan Apple Car.

2 dari 5 Halaman

Pembicaraanya difokuskan pada bagaimana Apple Car dapat diproduksi di tengah kelangkaan chip di seluruh dunia. Bahkan, Korea Times melaporkan bahwa Apple sedang dalam pembicaraan dengan merek-merek otomotif yang berbasis di Korea terkait dengan suku cadang otomotif dan sistem terkait.

"Petinggi Apple berada di Korea untuk urusan bisnis dengan mitra Korea di sektor semikonduktor dan layar. Seperti yang terlihat dalam bisnis smartphone Apple, perusahaan sedang mencari bisnis di Korea untuk mobil listriknya," kata seorang eksekutif senior yang terlibat langsung dengan Apple yang dikutip dari Carbuzz.

3 dari 5 Halaman

Menurutnya, tanpa adanya kemitraan dengan vendor Korea, Apple diklaim tiak akan bisa menyelesaikan rencana bisnis mobil listriknya.

"Sejauh yang saya tahu, Apple telah berkomunikasi dengan LG, SK dan Hanwha, tetap pembicaraan amsih dalam tahap awal," imbuhnya.

4 dari 5 Halaman

Pakai Baterai Fosfat

Selain itu, Apple disebut ingin menggunakan baterai lithium dan besi fosfat sebagai lawan dari lithium-ion. Baterai fosfat lebih lemah pada suhu yang lebih dingin, tetapi lebih aman dan lebih murah.

Namun, hingga saat ini perusahaan baterai Korea tidak memproduksi jenis tersebut. Itu artinya, Apple mungkin harus menghubungi vendor di China, seperti CATL atau BYD.

5 dari 5 Halaman

Sayangnya, masalah baru akan muncul. Hubungan perdagangan antara China dan Amerika Serikat disebut makin renggang. Tapi kemungkinan lain, seperti LG dan SK yang sedang membangun pabrik baterai bisa jadi akan menyediakan apa yang diminta Apple.

BERI KOMENTAR