HOME » BERITA » APRILIA RSV4 VANDERHEIDE BERKONSEP SERAT KARBON MONOCOQUE

Aprilia RSV4 VanderHeide Berkonsep Serat Karbon Monocoque

Sabtu, 23 Juli 2016 15:15 Editor : Albert
Foto : VanderHeide

OTOSIA.COM - Sebuah perusahaan Belanda yang bernama VanderHeide menjadi salah satu perhatian publik saat menampilkan motor kustom karyanya dalam ajang GoodWood Festival of Speed pada bulan lalu.

Motor kustom yang menakjubkan ini dibangun dari basis motor sport Aprilia RSV4 terbaru yang 'ditelanjangi' dan digantikan 'baju' berbahan serat karbon. Karya indah ini merupakan buah pemikiran dari dua pemuda yang bernama Rolf dan Sjors Van der Heide.

Kolaborasi antara dua pemuda yang memiliki latar belakang profesi yang berbeda ini akhirnya mendapat apresiasi yang tinggi dari para pecinta motor kustom di even itu. Kepiawaian Rolf dalam dunia teknik spesialis serat karbon sangat mempengaruhi karakter karya ini.

Karyanya ini mengusung konsep carbon monocoque yang mengharuskan mereka untuk melengserkan semua struktur rangka konvensional bawaan pabrik. Kesatuan unit antara hidung ke ekor dijadikannya sebagai rangka penopang, berikut desain bodywork dan tangki bahan bakarnya.

Tidak hanya itu saja yang berbahan serat karbon, mereka juga menyematkan swingarm dan velg serat karbon yang didapatnya dari produk pabrikan variasi. Komponen lainnya yang tidak kalah kerennya antara lain; panel indikator dari Motec, set pengereman Brembo, suspensi Ohlins TTX36 dan masih banyak yang lainnya.

(kpl/abe)

BERI KOMENTAR