HOME » BERITA » ARAB SAUDI INGIN JADI TUAN RUMAH MOTOGP DAN BALAPAN LAINNYA

Arab Saudi Ingin Jadi Tuan Rumah MotoGP dan Balapan Lainnya

Proyek ambisius Arab Saudi, ingin jadi tuan rumah berbagai ajang balap, seperti MotoGP hingga motocross

Sabtu, 20 Maret 2021 22:15 Editor : Ahmad Muzaki
Arab Saudi Ingin Jadi Tuan Rumah MotoGP dan Balapan Lainnya
Balap MotoGP (AP Photo/Alberto Saiz)

OTOSIA.COM - MotoGP menjadi ajang balap motor yang begitu populer di dunia. Karena hal itulah, banyak negara yang berlomba-lomba untuk menjadi tuan rumah balapan ini. Dan secara mengejutkan Arab Saudi berencana untuk menjadi tuan rumah kejuaraan MotoGP di tahun-tahun mendatang.

Melansir Visordown, rencana besar ini merupakan gagasan dari President of the Saudi Automobile Federation, Khalid bin Sultan Al Faisal Al Saud. Menariknya lagi, ia berminat untuk menggelar berbagai balapan di negaranya.

1 dari 2 Halaman

Khalid bin Sultan Al Faisal Al Saud berencana untuk membangun sebuah kota yang didedikasikan untuk balapan, termasuk reli, motocross hingga MotoGP. Balapan-balapan tersebut akan dilakukan dalam satu fasilitas.

"Di Qiddiya kami akan membangun kota motor yang nyata, dengan lebih dari 10 sirkuit untuk menjadi tuan rumah rally, cross-country, rallycross, motocross, karena kami ingin menyelenggarakan semua kompetisi paling bergengsi di dunia. Termasuk MotoGP, yang di sini dianggap satu olahraga paling penting di dunia," ujarnya kepada Moto.it.

2 dari 2 Halaman

Lintasan ini dirancang untuk digunakan balapan MotoGP, F1, dan WEC. Mantan pembalap Formula 1, Alex Wurz ditunjuk sebagai penanggung jawab di balik sketsa awal sirkuit.

Sirkuit ini masih dalam tahap awal desain dan kabarnya memiliki panjang sekitar 8 km (4,9 mil).

BERI KOMENTAR