HOME » BERITA » AREA TEST DRIVE INI, BOLEH JADI MEMPENGARUHI KEPUTUSAN ANDA BELI MOBIL

Area Test Drive ini, Boleh Jadi Mempengaruhi Keputusan Anda Beli Mobil

Rasanya kurang afdol jika menaksir sebuah mobil tanpa menjajalnya lebih dulu di fasilitas test drive yang memadai. Pasalnya keputusan membeli mobil baru juga berangkat dari pengalaman menjajal langsung atau test drive kendaraan yang diincar.

Jum'at, 29 Maret 2019 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Test drive Toyota Camry (Istimewa)

OTOSIA.COM - Rasanya kurang afdol jika menaksir sebuah mobil tanpa menjajalnya lebih dulu di fasilitas test drive yang memadai. Pasalnya keputusan membeli mobil baru juga berangkat dari pengalaman menjajal langsung atau test drive kendaraan yang diincar.

Strategi ini yang kemudian dikembangkan PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan membangun fasilitas Toyota Driving Experience (TDE) yang berada satu lokasi dengan Kantor Pusat TAM di Kawasan Sunter II, Jakarta Utara.

"Kami memandang pengalaman berkendara sangat penting bagi pelanggan karena merupakan titik awal dalam proses pembelian. Keberadaan Toyota Driving Experience kami harapkan akan makin meningkatkan aktivitas test drive Toyota sebagai daya tarik tersendiri dalam proses penjualan sebuah produk, serta upaya untuk mempercepat pembelian," kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM.

TDE dibangun di atas lahan seluas 10.000 m2. Area test drive ini dirancang agar calon pembeli mobil mendapatkan pengalaman mengemudi dalam berbagai situasi.

TDE memiliki area-area tertentu yang didukung trek-trek khusus agar konsumen bisa optimal merasakan berbagai kelebihan dari mobil Toyota yang dikendarai dalam berbagai kondisi dan medan jalan.

Selain tersedia fasilitas kenyamanan dan handling mobil, TDE memiliki area menguji Speed dan Semi Off-Road.

Untuk area Comfort, trek yang disediakan adalah Smooth Asphalt agar pelanggan mengetahui stabilitas dan kebisingan mobil, Slope Hill untuk mengetes HAC dan torsi awal mobil, Speed Bump untuk pergerakan bodi mobil dan suspensinya.

Untuk area Handling, trek yang disediakan adalah U-Turn guna mengetahui kemampuan kemudi pengendalian mobil saat berputar, Parking Condition untuk mengetes kepekaan sensor dan kamera parkir, dan Slalom/Zigzag untuk mengetahui respon kemudi dan daya lempar bodi mobil (tingkat kelimbungan mobil) ke arah luar jalur saat kendaraan sedang berbelok atau bermanuver.

Pada area Speed, trek yang disediakan adalah Acceleration agar pelanggan mengetahui respon mesin mobil saat dipacu pada kecepatan tertentu, dan trek Breaking guna mengetahui ekeftifitas pengereman.

Sedangkan untuk area Semi Offroad, trek yang disediakan adalah Flooding untuk mengetahui kemampuan mobil saat melintasi jalan dalam kondisi banjir dan Pot Hole guna mengetahui kemampuan dan ketangguhan mobil.

Namun untuk dapat menjajal Toyota di fasilitas TDE, syaratnya calon konsumen terlebih dulu mengunjungi delaer Toyota untuk mengajukan permohonan test drive terkait mobil yang ingin dibeli kepada tenaga penjual yang melayani. Sistem booking jadwal test drive di TDE menjadi syarat lain setelahnya.

TDE sebenarnya sudah dibangun dan dikembangkan TAM sejak Desember 2018 lalu untuk kalangan internal. Setelah itu berlanjut untuk halayak umum. TDE buka melayani konsumen hari Selasa sampai Sabtu mulai pukul 10.00 – 18.00, dan Minggu pukul 10.00 – 16.00 WIB.

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR