HOME » BERITA » ARGO DAPAT MENSEJAHTERAKAN SUPIR ANGKUTAN RODA TIGA

Argo Dapat Mensejahterakan Supir Angkutan Roda Tiga

Rabu, 21 September 2016 09:15 Editor : Ahmad Khoirudin
Foto: Nazar Ray

OTOSIA.COM - Keberadaan angkutan roda tiga di Indonesia saat ini tak sejalan dengan perkembangan teknologi dan cara pembayaran. Padahal di India, moda angkutan ini mendapatkan perhatian yang cukup spesial. Dimana angkutan roda tiganya sudah menggunakan teknologi terkini, salah satunya sistem pembayaran yang praktis.

Saat ini angkutan roda tiga di Indonesia masih menggunakan sistem tawar menawar. Menurut Ketua Institut Transportasi Indonesia (Instran) Darmaningtyas, seharusnya angkutan roda tiga sudah dilengkapi argo. Dimana perangkat ini dapat meningkatkan efisiensi sekaligus mensejahterakan pengemudi karena kejelasan tarif.

"Sebaiknya menggunakan argo. Di India sudah memakai argo," ucap Darmaningtyas.

Selain itu, penggunaan argo memungkinkan pengaplikasian sistem pembayaran yang lebih mudah, yakni kartu pintar. Layaknya busway, masyarakat dapat menggunakan kartu tersebut untuk membayar beragam angkutan roda tiga di Indonesia.

"Sebenarnya pembayaran dengan kartu ini sudah diterapkan angkutan roda tiga di India. Sudah pernah saya sampaikan ke teman-teman di BPTJ. Dengan teknologi saat ini sebenarnya tidak sulit untuk mengaplikasikannya," jelas Darmaningtyas.

(kpl/fid/rd)

BERI KOMENTAR