HOME » BERITA » ARSITEKTUR LIFEDRIVE MAMPU TINGKATKAN PERFORMA BMW I8

Arsitektur LifeDrive Mampu Tingkatkan Performa BMW i8

Minggu, 21 September 2014 16:15

Arsitektur LifeDrive Mampu Tingkatkan Performa BMW i8
BMW i8 (Foto: Nazar Ray)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Menghadirkan lini terbarunya di Indonesia International Motor Show 2014, BMW tak mau kalah dengan menghadirkan mobil konsep hibridanya yang futuristik.

BMW i8 yang tampak seperti mobil dari film layar lebar Tron ini menggunakan  dua sumber tenaga, Mesin tiga silinder 1,5 L Turbo bertenaga 231 hp dengan motor listrik 131 hp bertenaga baterai lithium-ion.

Kedua sumber ini dipadukan dalam sistem yang bernama plug-in hybrid, dimana kendaraan ini dapat menempuh jarak hingga 37 kilometer dan kecepatan puncak 120 kilometer per jam dengan hanya menggunakan tenaga listrik.

Sedangkan untuk mesin bensin, akselerasi 0 sampai 100 kilometer per jam dapat dicapai dalam waktu 4 detik dan konsumi bahan bakar 2,1 liter per 100 kilometer.

Bukan hanya sumber tenaganya saja yang menjadi perhatian utama, desain yang elegan danfuturistik mampu mencuri perhatian siapapun yang melihatnya. Menggunakan arsitektur LifeDrive, BMW i8 menggunakan dua modul independen yang terpisah.

Mesin pembakaran dan motor listrik, pak baterai tenaga listrik, komponen chassis serta kendaraan dan fitur keselamatan disusun bersama dalam modul aluminium Drive, sedangkan elemen utama dari modul Life adalah sel penumpang plastik yang diperkuat dengan serat karbon (CFRP) untuk kendaraan dengan kursi 2 + 2.

Berat kosong BMW i8 adalah 1.485 kilogram, dan arsitektur LifeDrive juga memiliki efek positif pada bagaimana berat ini didistribusikan. Unit baterai diposisikan rendah di dalam posisi sentral, yang membantu memberikan kendaraan ini pusat gravitasi rendah, hal ini juga meningkatkan tingkat keselamatan. Pusat gravitasi dari BMW i8 kurang dari 460mm dari tanah, sehingga lebih rendah daripada semua model BMW Group lainnya yang ada saat ini.

(kpl/fid/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-5
detail

BERITA POPULER