HOME » BERITA » ARTI COD DAN PRAKTIKNYA DALAM DUNIA OTOMOTIF

Arti COD dan Praktiknya dalam Dunia Otomotif

Ini arti COD dan penerapannya dalam dunia otomotif

Rabu, 05 Agustus 2020 16:15 Editor : Ahmad Muzaki
Arti COD dan Praktiknya dalam Dunia Otomotif
COD tilang (Merdeka.com)

OTOSIA.COM - Saat ini apapun yang diinginkan masyarakat sudah bisa dilakukan secara daring atau online. Bukan hanya soal angkut mengangkut penumpang, seperti layanan dari ojek online (ojol), tetapi juga jual beli secara online.

Terkait jual beli secara online, ternyata hal demikian juga diimplementasikan ke pembelian mobil. Ya, beberapa merek mobil dan situs penjualan kendaraan bekas telah memberikan layanan mudah ini. Istilahnya, mereka melakukan jemput bola.

Apalagi layanan semacam ini semakin ramai dilakukan dan diminati konsumen di masa pandemi Corona (COVID-19). Alasannya lebih aman, sebab bisa menerapkan protocol kesehatan dengan maksimal. Terlebih lagi antara penjual dan pembeli bisa melakukan cash on delivery (COD), sehingga bisa menghindari kerumunan seperti ketika berkunjung ke showroom.

Soal COD sendiri, ternyata sistem ini di dunia otomotif mempunyai fungsi cukup banyak. Jadi tak hanya soal jual beli mobil, motor, atau sparepart secara online saja. Lantas, apa keuntungan dari COD yang semakin populer saat ini di dunia otomotif?

Agar Otolovers makin tahu, berikut ini arti COD dan keuntungannya bagi para pengendara kendaraan yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 6 Halaman

Ini Arti COD

Liputan6.com

Pasti Otolovers di sini cukup sering melakukan COD saat belanja online. Terkait hal tersebut, sebenarnya arti COD itu apa? Cash on delivery atau yang disingkat menjadi COD adalah salah satu metode pembayaran tunai yang bisa Otolovers lakukan saat barang belanjaan sudah diterima.

Arti COD dalam jualan online sendiri juga bisa diartikan bayar di tempat. Dalam sistemnya, nantinya Otolovers menentukan tempat di mana bertemu, bisa di rumah atau lokasi terdekat untuk melakukan pembayaran dan mengambil barang belanjaan.

2 dari 6 Halaman

Keuntungan COD

Liputan6.com

Jika menggunakan sistem COD ketika membeli barang, tentunya Otolovers mendapatkan cukup banyak keuntungan. Dengan cash on delivery, pembelian barang jadi praktis. Sebab Otolovers tinggal menunggu belanjaan sampai dan membayarnya ke kurir. Tentunya hal ini sangat cocok bagi pengguna yang tidak memiliki rekening bank atau saldo di tabungan sedang tak mencukupi.

Kemudian Otolovers juga bisa melakukan terlebih dulu pengecekan barang. Sehingga bisa dicek jumlah dan kondisinya, jika tak sesuai tinggal melakukan komplain ke penjual. Terpenting adalah bebas dari khawatir, karena tidak takut tertipu. Sebab tak perlu risau jika barang belum sampai-sampai, karena Otolovers sendiri juga belum melakukan pembayaran.

3 dari 6 Halaman

Jual Beli Mobil atau Motor dengan COD

Otosia.com

Jika menengok arti COD di olshop adalah bayar di tempat, tentu sistem pembayaran seperti ini juga sering dilakukan saat jual beli motor atau mobil. Hal ini kerap diterapkan saat pembelian kendaraan bekas. Biasanya antara penjual dan pembeli akan menentukan lokasi bertemu, lalu pembeli akan mengecek keseluruhan kondisi kendaraan.

Setelah merasa cocok dengan kendaraan tersebut, barulah transaksi dilakukan. Setelah melakukan transfer uang pembelian ke rekening penjual, si pembeli langsung bisa membawa kendaraan yang dibeli ke rumah.

Inilah keuntungan dari COD, pembeli bisa terlebih dulu mengecek kendaraan yang dibeli. Jika dirasa kondisi buruk dan tak cocok dengan keinginan, maka dapat membatalkan transaksi yang akan dilakukan.

4 dari 6 Halaman

Jual Beli Sparepart dengan COD

Otosia.com

Selain itu, sparepart kendaraan terkadang juga banyak diburu secara online. Namun jika Otolovers membeli dalam kondisi bekas, lebih baik untuk melakukan COD. Sesuai dengan arti COD dan keuntungannya, Otolovers jadi bisa mengecek kondisinya dulu.

Apabila kondisinya parah dan tak sesuai dengan anggapan semula, Otolovers tinggal membatalkan transaksi yang akan dilakukan. Sehingga secara tidak langsung Otolovers menghindari penipuan dengan berekedok penjualan barang bekas namun kondisi bagus.

5 dari 6 Halaman

Service Kendaraan dengan COD

Otosia.com

Sistem COD tentu juga sangat membantu dalam urusan service kendaraan. Ya, jika Otolovers mengalami kendala di jalan, seperti mogok, tinggal hubungi call center bengkel mobil atau motor. Salah satu yang memberikan jasa COD adalah Shop and Drive.

Shop and drive memiliki dua layanan, di antaranya adalah home service dan battery & oil home delivery. Jika Otolovers mengalami masalah, tinggal hubungi pihak shop and drive dan kirim lokasi Otolovers berada. Petugas yang datang akan melakukan tugasnya seperti yang diminta Otolovers. Terkait pembayarannya sendiri, bisa secara cash atau melalui kartu kredit. Simpel dan mudah kan Otolovers?

(Baca: Harga Produk di Shop & Drive dan Alamat Outlet-outlet dari Berbagai Daerah)

 

6 dari 6 Halaman

Ambil Tilang dengan Sistem COD

Merdeka.com

Arti COD adalah bayar di tempat. Ternyata sistem pembayaran ini juga bisa dilakukan untuk tilang lho Otolovers, seperti yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat. Layanan ini diluncurkan untuk meningkatkan pelayanan publik dalam rangka pembangunan menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Melansir Merdeka.com, bagi pelanggar yang ingin memanfaatkan layanan ini tinggal Whatsapp ke 08594633 lalu isi format yang dikirim, seperti data diri dan foto bukti tilang.

Setelah diterima dan diverifikasi oleh operator, kemudian pelanggar akan mendapatkan notifikasi dengan rincian jenis pelanggaran, denda tilang, dan biaya pengantaran sesuai jarak tempuh.

Kemudian petugas akan datang dan Otolovers tinggal melakukan pembayaran tilang melalui Briva Bank BRI, Bank Mandiri, Kantor pos dan bisa menggunakan layanan COD tilang.

BERI KOMENTAR