HOME » BERITA » ASAL USUL WARNA MERAH-KUNING-HIJAU LAMPU LALU LINTAS, SUDAH TAHU?

Asal Usul Warna Merah-Kuning-Hijau Lampu Lalu Lintas, Sudah Tahu?

Pernahkah kamu berfikir mengapa lampu lalu lintas memiiliki warna merah-kuning-hijau?

Sabtu, 04 Juli 2020 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Asal Usul Warna Merah-Kuning-Hijau Lampu Lalu Lintas, Sudah Tahu?
Lampu lalu lintas (Suzuki.co.id)

OTOSIA.COM - Ada banyak istilah untuk menyebut lampu lalu lintas. Ada yang menyebutnya lampu merah, ada juga yang menyebutnya dengan bang-jo di beberapa daerah di pulau Jawa.

ampu penanda kendaraan harus berhenti dan jalan tersebut juga sering disebut sebagai Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas alias APILL. Dengan adanya lampu merah, pengguna jalan tak perlu berebut siapa yang lebih dulu melaju jika berada di persimpangan yang sibuk.

Pasalnya, tak semua persimpangan di Indonesia diberi lampu ini. Meski begitu ada kalanya lampu merah menyala bersamaan dari segala arah.

1 dari 3 Halaman

Hal itu cukup wajar mengingat lampu tersebut diatur menyala menggunakan hitungan. Tapi saat ini pun lampu lalu lintas juga ada yang sudah dibekali dengan sensor.

Sehingga cara kerja lampu tersebut menyesuaikan dengan volume kendaraan. Lampu merah dan hijau pun akan menyala secara otomatis mengikuti antrean kendaraan.

Nah, pernahkah kamu ingin tahu mengapa lampu lalu lintas berwarna merah-kuning-hijau?

2 dari 3 Halaman

Dilansir dari laman Suzuki Indoneisa, ketiga warna tersebut rupanya memiliki filosofi tersendiri. Disebutkan bahwa warna itu dipakai pada masa peperangan.

Saat perang terjadi, tanda stop atau berhenti ditandai menggunakan warna merah. Seperti pada lampu lalu lintas, jika merah, maka pengguna jalan harus berhenti kecuali ada tanda khusus yang mengizinkan untuk terus jalan.

Warna kuning disebut melambangkan warna api. Artinya, prajurit atau orang-orang bersiap menghadapi musuh. Pada lampu lalu lintas juga begitu.

3 dari 3 Halaman

Smartcityworld.net

Saat lampu menyala kuning, pengendara yang sedang berhenti juga harus bersiap untuk melaju kembali. Entah bersiap dengan memindahkan gigi dari N ke D atau N ke 1.

Sedangkan warna hijau dilambangkan dengan warna daun. Warna itu disebut menggambarkan ketenangan sehingga pada lampu diartikan aman jika berjalan.

Selain pemilihan warna, penyusunan warna secara vertikal itu juga memiliki tujuan tertentu. Urutan dari atas ke bawah, merah, kuning, lalu hijau itu disebut agar pengguna jalan lebih mudah untuk melihat, terlebih bagi yang buta warna.

BERI KOMENTAR