HOME » BERITA » ASTRATEL AKUSISI SAHAM 25% TOL SEMARANG-SOLO

Astratel Akusisi Saham 25% Tol Semarang-Solo

Kamis, 30 Juli 2015 14:15

Astratel Akusisi Saham 25% Tol Semarang-Solo
Foto: PT Astratel Nusantara
Editor : Sony

Otosia.com -

PT Astratel Nusantara menuntaskan akuisisi 25% saham PT Trans Marga Jateng (TMJ), operator yang memiliki dan mengelola ruas jalan tol Semarang–Solo sepanjang 72,64 km, Rabu (29/7). PT Astratel Nusantara sendiri merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang infrastruktur dan logistik.

Dengan selesainya proses akuisisi ini, komposisi kepemilikan saham PT Jasa Marga mencapai 73,9%, PT Astratel Nusantara 25%, dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah 1,1%.

Ruas tol Semarang - Solo terdiri dari 5 seksi dan saat ini seksi 1 Semarang - Ungaran sepanjang 10,8 km dan seksi 2 Ungaran - Bawen sepanjang 11,9 km sudah beroperasi. Sedangkan seksi 3, ruas Bawen - Salatiga sepanjang 17,3 km masih dalam proses konstruksi, seksi 4 dan 5 Salatiga - Boyolali sepanjang 24,1 km dan Boyolali – Kertosuro sepanjang 8,41 km masih dalam tahap pembebasan lahan.

Seluruh ruas jalan tersebut diharapkan selesai dan mulai dioperasikan pada tahun 2017 mendatang. Ruas jalan tol Semarang – Solo merupakan bagian dari jalan tol trans Jawa yang selain menghubungkan kedua kota tersebut juga akan menjadi penghubung berbagai kota di Jawa Tengah dan akses ke Yogyakarta.

Keberadaan ruas tol ini diharapkan dapat mengembangkan potensi ekonomi wilayah sekitarnya, sehingga menciptakan efek berganda (multiplier effect) bagi kesejahteraan masyarakat serta memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi regional dan nasional.

Pemerintah Indonesia kini fokus pada percepatan pembangunan infrastruktur nasional termasuk terwujudnya jalan tol trans Jawa pada tahun 2018.

Dengan tuntasnya akuisisi saham tersebut, PT Astratel Nusantara (AN) kini memiliki empat ruas jalan tol melalui kepemilikan saham di empat perusahaan, PT Marga Mandalasakti (MMS), dengan kepemilikan 79,31% saham, memiliki ruas tol Tangerang – Merak sepanjang 72,45 km, dan telah beroperasi 100%.

Lalu PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), dengan kepemilikan 95%, memiliki ruas tol Jombang – Mojokerto sepanjang 40,5 km. Seksi 1 telah beroperasi dan seksi 2 - 4 sedang dalam proses pembebasan lahan dan pararel seksi 2-3 dalam proses konstruksi.

Kemudian PT Marga Trans Nusantara (MTN), dengan kepemilikan 40%, memiliki ruas tol Serpong – Kunciran sepanjang 11,25 km. Ruas ini sedang dalam proses pembebasan lahan.

Terakhir, PT Trans Marga Jateng (TMJ), dengan kepemilikan 25%, memiliki ruas tol Semarang – Solo sepanjang 72,64 km.(kpl/nzr/sno)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-5
detail

BERITA POPULER