HOME » BERITA » ASURANSI ASTRA PERKUAT LAYANAN DENGAN TEKNOLOGI DIGITAL

Asuransi Astra Perkuat Layanan dengan Teknologi Digital

Sabtu, 23 April 2016 10:15 Editor : Fitradian Dhimas
Santosa, CEO Asuransi Astra (Foto: Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Perkembangan teknologi digital mau tidak mau memaksa pebisnis otomotif atau asuransi kendaraan memutar otak dengan menerapkan strategi baru.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan perangkat dan teknologi mobile untuk meningkatkan layanan dan mendekatkan diri dengan pelanggannya.

Beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital inilah yang mencuat dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2016 (RUPST 2016) Asuransi Astra (Garda Oto) untuk tahun buku 2015 di Jakarta belum lama berselang.

Salah satu hasil penting dari RUPST 2016 adalah dikukuhkannya strategi perusahaan dan dideklarasikannya tahun 2016 sebagai tahun Going Mobile untuk Asuransi Astra.

Strategi Going Mobile bertujuan memberikan Peace of Mind kepada jutaan pelanggannya dengan beradaptasi dan merevolusi proses bisnis utamanya melalui inovasi digitalisasi layanan berbasiskan mobile computing technology.

Beradaptasi dengan perubahan teknologi digital bukan lagi pilihan, namun keharusan. Dengan mendeklarasikan komitmen Going Mobile, saya sadar bahwa kami tidak bisa lagi berlindung di balik tembok institusi dan birokrasi. Sebagai bentuk pertanggungjawaban dan komitmen saya atas pilihan arah dan strategi bisnis inilah akun Twitter @snt4online dibuat. Lewat @snt4online, saya siap berinteraksi langsung dengan masyarakat dan pelanggan, karena salah satu tugas CEO adalah mendengarkan keluhan dan memastikan keluhan yang sama tidak akan terjadi lagi," ujar Santosa, CEO Asuransi Astra

Sebagai langkah awal revolusi digital, belum lama ini Asuransi Astra meluncurkan kembali website asuransiastra.com yang tampil lebih dinamis, simpel, dan elegan.

Berbagai pengembangan dan perbaikan terus dilakukan, di antaranya pada desain user interface (UI), user experience (UX), dan penggunaan responsive web design yang memungkinkan tampilan website selalu fit meski diakses melalui perangkat digital yang berbeda.

Performa website tersebut kini juga semakin optimal dengan penambahan fitur portal Garda Marine yang memungkinkan pelanggan asuransi komersial untuk membuat cover note atau sertifikat pengiriman kargo secara mandiri.

Selain itu, untuk memperluas dan mempercepat penyebaran informasi. Kecepatan penerimaan informasi juga didukung dengan adanya fitur yang memungkinkan penawaran yang dibuat pelanggan melalui website akan secara otomatis terhubung ke aplikasi internal, sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan layanan ini.

Santosa, CEO Asuransi Astra


Revolusi digital ini telah dipersiapkan sejak beberapa tahun sebelumnya dengan meluncurkan berbagai aplikasi yang digunakan secara internal maupun eksternal, seperti Garda Mobile Otocare, Garda Mobile HRakses, Garda Mobile Otosales, Garda Mobile Otosurvey, dan website gomitra.com untuk mitra-mitra keagenan Garda Oto.

Berbagai aplikasi ini ditujukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. OtoCare menawarkan kemudahan yang dapat diunduh secara gratis melalui Google PlayStore dan iOS App Store.

Bahkan beberapa fiturnya dapat dinikmati oleh nonpelanggan Asuransi Astra sekalipun.

HRakses ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi para pengelola sumber daya manusia di perusahaan peserta Garda Medika dalam mengakses informasi kepesertaan, manfaat, klaim, dan informasi Garda Medika lainnya.

Otosales dan Otosurvey adalah aplikasi internal yang dibuat untuk mempercepat layanan bagi pelanggan.

Hingga kini, berbagai aplikasi ini terus dikembangkan agar semakin simple, reliable, dan memorable.

Adanya revolusi digital bukan hanya berarti bertransformasinya seluruh proses bisnis Asuransi Astra, tapi revolusi digital ini juga upaya kami untuk terus aktif menginovasikan layanan agar semakin dekat dengan pelanggan kami," tutupnya.

(kpl/nzr/fdk)

BERI KOMENTAR