HOME » BERITA » MERCEDES-BENZ SERAHKAN REPLIKA MOBIL PERTAMA KE MUSEUM NASIONAL INDONESIA

Mercedes-Benz Serahkan Replika Mobil Pertama ke Museum Nasional Indonesia

Replika asli mobil pertama Mercedes-Benz akan mejeng di Museum Nasional hingga 15 Februari 2020 mendatang.

Minggu, 09 Februari 2020 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Mercedes-Benz Serahkan Replika Mobil Pertama ke Museum Nasional Indonesia
Pameran replika mobil pertama Mercedes-Benz di Museum Nasional Indonesia (Istimewa)

OTOSIA.COM - Mercedes-Benz menyerahkan replika mobil pertama mereka, Benz Patent-Motorwaagen kepada Museum Nasional Indonesia. Penyerahan ini menandai 50 tahun eksistensi Mercedes-Benz di Indonesia.

Mobil itu akan mejeng di ruang pamer Museum Nasional Indonesia mula 8 Februari 2020 hingga 15 Februari 2020. Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Choi Duk Jun mengaku senang bisa mendonasikan replika asli mobil pertama di dunia.

"Mercedes-Benz telah memainkan peran penting dalam sejarah mobilitas di Indonesia karena mobil pertama yang hadir di Indonesia adalah Benz," katanya.

1 dari 1 Halaman

Mercedes-Benz Serahkan Replika Mobil Pertama ke Museum Nasional Indonesia

Donasi itu juga merupakan bentuk dukungan Benz untuk Museum Nasional Indonesia untuk terus memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat. "Oleh karena itu, kami bangga untuk merayakan 50 tahun Mercedes-Benz di Indonesia dengan berkontribusi pada museum dan upayanya dalam bidang pendidikan dan budaya transportasi," lanjut Choi.

Mercedes-Benz Patent-Motorwagen ini pertama kali hadir di pulau Jawa pada 1984. Kala itu namanya Benz Victoeia Phaeton yang dimiliki oleh Sultan Solo, Pakoe Boewono X.

Pakoe Boewono X mendapatkan mobil tersebut melalui Pröttle & Co., yang merupakan sebuah peursahaan di Passer Besar, Surabaya. Lalu Benz Victoria Phaeton diimpor dar Eropa seharga 10.000 Gulden. Mobil itu memliki tenaga 5 hp dari mesin satu silinder 2.0L dan dilengkapi dengan ban karet yang keras.

BERI KOMENTAR