HOME » BERITA » AWAS, SALAH PILIH KABEL DALAM MODIFIKASI AUDIO BISA PICU KEBAKARAN

Awas, Salah Pilih Kabel dalam Modifikasi Audio Bisa Picu Kebakaran

Rabu, 23 Maret 2016 21:15 Editor : Ahmad Khoirudin
Foto: Hafid

OTOSIA.COM - Meningkatkan kualitas suara dengan memodifikasi perangkat audio semakin mudah dilakukan. Cukup banyak outlet yang menawarkan jasa pemasangan audio dengan harga terjangkau.

Namun, sebagai konsumen pintar Anda harus berhati-hati. Melakukan riset mengenai komponen yang akan disematkan menjadi keharusan. Tak hanya perangkat audio saja, kabel yang menjadi penghantar arus juga penting. Sebab, kabel memiliki beragam spesifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Salah menggunakan kabel, risiko kebakaran dapat terjadi.

"Menambah perangkat audio berarti beban listrik meningkat. Kabel perlu disesuaikan dengan arus yang dihantarkan," terang Ben Faqih, Head Customer Engagement Section Astra Daihatsu Motor.

Melalui demonstrasi yang dilakukan teknisi ADM (Astra Daihatsu Motor) di Daihatsu Technical & Training Center, Jakarta belum lama ini, ditunjukkan bagaimana kabel yang tak tepat dapat dengan mudah terbakar.

Adapaun demonstrasinya seperti ini, 6 buah lampu halogen yang merepresentasikan perangkat audio dihubungkan dengan lampu belakang. Rangkaian ini membutuhkan daya sebesar 806 watt dan arus 67,17A. Kemudian dihubungkan ke aki melalui kabel berukuran 2mm yang hanya mampu menghantarkan daya maksimum 240 watt dan arus maksimum 40A.

Ketika daya dialirkan, kabel tersebut dengan cepat membara dan membakar kulitnya hingga akhirnya terputus. Tentunya hal ini berbahaya apabila kabel panas tersebut mengenai komponen mobil yang mudah terbakar seperti karpet.

"Harus diperhatikan berapa spesifikasi kabel tersebut. Hitung-hitungan listrik harus tepat agar tidak celaka," tutup Ben.

(kpl/fid/rd)

BERI KOMENTAR