HOME » BERITA » AWAS, SEPEDA MOTOR YANG TAK BAYAR PAJAK TAHUNAN AKAN DITILANG DAN DISITA

Awas, Sepeda Motor yang Tak Bayar Pajak Tahunan Akan Ditilang dan Disita

Kewajiban pemilik kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, selain merawatnya juga harus menaati aturan soal pajak. Sesuai aturan yang berlaku, setiap tahun pemilik kendaraan bermotor harus membayarkan pajak kendaraannya.

Sabtu, 24 November 2018 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Kebijakan pembayaran pajak tahunan (Instagram/divisihumaspolri)

OTOSIA.COM - Kewajiban pemilik kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, selain merawatnya juga harus menaati aturan soal pajak. Sesuai aturan yang berlaku, setiap tahun pemilik kendaraan bermotor harus membayarkan pajak kendaraannya.

Tapi faktanya, masih saja ditemukan kendaraan mati alias pajaknya tak dibayarkan. Soal ini, melalui akun instagram resmi Divisi Humas Polri, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri menegaskan bahwa kepolisian berwenang untuk menilang kendaraan yang tidak membayar pajak tahunan.

"Ketika pemilik kendaraan tidak melakukan registrasi pada pengesahan tiap tahun, ini sudah merupakan bentuk pelanggaran hukum. Selain itu registrasi dan identifikasi kendaraan juga ada masa penghapusan, yakni kendaraan yang tidak melakukan registrasi selama dua tahun akan dihapus dari data Kepolisian," ujar Refdi saat Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Polda Jawa Tengah di Ballroom Hotel Patrajasa, Semarang, Rabu (21/11/2018).

Aturan pembayaran pajak (Instagram/divisihumaspolri)

Pemilik kendaraan yang taat pajak disebut membantu memberikan kontribusi untuk pembangunan jalan, perbaikan jalan, sumbangan korban kecelakaan, dan lainnya.

Justru dengan tidak membayar pajak kendaraan, maka pemilik kendaraan akan menimbulkan kerusakan jalan, karena kendaraan yang tidak berhak berjalan itu merupakan suatu pelanggaran.

"Ketika pemilik kendaraan tidak bisa menunjukkan surat tanda bukti yang telah disahkan atau pajak tahunan bisa disita kendaraannya. Karena kendaraan tersebut berkontribusi pada kemacetan dan kerusakan jalan serta hal ini menghindari kecelakaan," tambahnya.

Informasi yang diunggah Divisi Humas Polri tersebut sontak memantik perhatian netizen. Ada yang meragukan kebijakan ini lantaran jalan raya masih banyak yang rusak.

Seperti pemilik akun @ismin21. "Yakin klau semua bayar pajak, jalan Akan mulus Dan tidak Ada kemacetan,..?! Jgan2 da keabisan uang ne negara hingga Rakyat miskin yg jd sasaran pemerasan," tulisnya dalam kolom komentar.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR