HOME » BERITA » AWAS TERTIPU VIDEO SIARAN BERITA LARANGAN MUDIK DICABUT

Awas Tertipu Video Siaran Berita Larangan Mudik Dicabut

Pemerintah memberlakukan kebijakan larangan mudik Lebaran 2021. Aturan tersebut masih berlaku dan tidak ada pencabutan seperti yang diklaim oleh video siaran berita berbahasa asing yang beredar di media sosial.

Kamis, 29 April 2021 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
Awas Tertipu Video Siaran Berita Larangan Mudik Dicabut
Hoaks larangan mudik dicabut (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Beredar sebuah video siaran berita larangan mudik dicabut. Video terebut dibagikan oleh akun Facebook Yahdi Mahyassa pada 28 April 2021.

Dalam video tersebut menampilkan seorang pembawa berita perempuan yang menggunakan bahasa asing. Pada bagain bawah penyiar perempuan tersebut terdapat uliasn "AKHIRNYA, LARANGAN MUDIK DICABUT".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Akhirnya larangan mudik dicabut.. ????????"

Benarkah klaim siaran beritar larangan mudik dicabut?

1 dari 4 Halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran dari video tersebut. Tangkapan layar video tersebut dipakai untuk bahan penelusuran menggunakan Yandex.

Penelusuran mengarah pada situs shoponline.2021online.ru, situs tersebut menjual sejumlah video salah satunya yang identik dengan klaim.

2 dari 4 Halaman

Situs shoponline.2021online.ru memberi keterangan video tersebut sebagai berikut "kazak tv spikeri KAZAK Tekerlemeleri - Kap?da ?t Kapt? ". Perempuan dalam gabar tersebut merupakan pembawa berita Kazakh Tv.

 

3 dari 4 Halaman

Penelusuran juga mengarah pada situs brleast.info, situs tersebut memuat video yang identik dengan klaim, berjudul "KAZAKHSTAN NEWS REPORTER SOUNDS LIKE DIESEL TRUCK STARTING IN THE MORNING WOMEN EDITION".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut "Publicado em 4 Fev 2019kazakhstan language sounds like diesel women edition". Video tersebut dimuat oada 4 Februari 2019.

4 dari 4 Halaman

Sumber:

https://brleast.info/rock/kazakhstan-news/oGjEp9N712V_foU

https://shoponline.2021online.ru/content?c=kazak%20tv%20spikeri&id=2

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR