HOME » BERITA » AYLA TEMBUS RP 146 JUTA BUKAN LCGC?

Ayla Tembus Rp 146 Juta Bukan LCGC?

Senin, 10 April 2017 18:30

Ayla Tembus Rp 146 Juta Bukan LCGC?
Foto: Nazar Ray
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Dimas Wahyu Mobil Terkait : Mobil Daihatsu Ayla Dijual

Otosia.com - Astra Daihatsu Motor baru saja meluncurkan LCGC Ayla dengan varian termahal berharga Rp 146,7 juta. Harga ini menjadi pertanyaan mengingat LCGC sejatinya merupakan mobil dengan harga terjangkau yang ditetapkan pemerintah sampai pada titik Rp 100 juta. Apa kata Daihatsu?

"Program pemerintah, harga yang menentukan pemerintah, bukan produsen. Pemerintah membaginya menjadi tiga batas, ada yang standar, ada yang safety, ada yang dengan teknologi. Dari tahun ke tahun, pemerintah evaluasi. Tidak ada yang namanya produsen tidak mengikuti batas itu. Jadi kalau lihat harga kami, itu masih masuk dalam batas pemerintah," kata Amelia Tjandra, Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menerbitkan kebijakan mengenai mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau.

Permenperin tersebut merupakan turunan dari program mobil emisi karbon rendah atau low emission carbon (LEC) yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

Dalam aturan tersebut dikatakan bahwa penyesuaian harga berdasarkan penggunaan teknologi transmisi otomatis maksimum sebesar 15%, sedangkan untuk penggunaan teknologi pengaman penumpang maksimum sebesar 10%.

(kpl/why/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-19
detail

BERITA POPULER