HOME » BERITA » BACAAN DOA NAIK KENDARAAN, DISERTAI ARTI DAN KEUTAMAAN SESUAI SUNNAH RASULULLAH SAW

Bacaan Doa Naik Kendaraan, Disertai Arti dan Keutamaan Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Berikut ini bacaan doa naik kendaraan dan artinya. Simak selengkapnya!

Senin, 21 Februari 2022 19:15 Editor : Ahmad Muzaki
Bacaan Doa Naik Kendaraan, Disertai Arti dan Keutamaan Sesuai Sunnah Rasulullah SAW
Ilustrasi naik kendaraan (Brilio.net)

OTOSIA.COM - Saat berkendara umat Islam sangat dianjurkan untuk membaca bacaan doa naik kendaraan. Namun masih banyak muslim yang belum mengamalkan doa ini.

Padahal membaca doa naik kendaraan merupakan salah satu amalan yang sering dilakukan Nabi Muhammad SAW. Tujuannya agar mendapat keselamatan selama dalam perjalanan.

Karenanya, umat Islam dianjurkan untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT saat naik kendaraan. Melansir dari NU Online, membaca doa naik kendaraan menjadi amalan terpuji yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut juga sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran Surah Al-Mu'min ayat 60, Allah SWT berfirman, yang artinya:

"Berdoalah kepada-Ku, Aku akan mengabulkannya. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina."

Lantas bagaimana bacaan doa naik kendaraan sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW? Simak ulasan informasinya berikut ini.

1 dari 5 Halaman

Adab Membaca Doa

Sebelum mengetahui bacaan doa naik kendaraan, ada baiknya memahami Saat membaca doa naik kendaraan. Sebagai umat Islam, sangat dianjurkan untuk membacanya dengan sungguh-sungguh dan khusyuk.

Dengan begitu, Allah SWT akan senantiasa mengabulkan doa-doa dari hamba-Nya. Adapun adab-adab membaca doa naik kendaraan adalah seperti berikut:

1. Dianjurkan membaca bacaan doa naik kendaraan dalam keadaan suci dan menghadap kiblat
2. Berdoa dengan penuh harapan dan rasa takut kepada Allah SWT
3. Tidak lupa juga mengangkat kedua tangan saat berdoa
4. Merendahkan diri dan tunduk di hadapan Allah SWT
5. Memohon dengan sungguh-sungguh atas kahadirat Allah SWT
6. Dianjurkan senantiasa memohon ampun atas perbuatan buruk yang pernah dilakukan

2 dari 5 Halaman

Bacaan Doa Naik Kendaraan

Sebagaimana diketahui, membaca kalimat-kalimat suci dan menyebut nama Allah SWT mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, muslim dan muslimah sangat dianjurkan senantiasa berdoa kepada Allah SWT. Baik itu sebelum maupun setelah melakukan sejumlah aktivitas. Tak terkecuali saat hendak naik kendaraan.

Berikut bacaan doa naik kendaraan yang bisa diterapkan setiap harinya saat hendak berpergian:

Subhaanal ladzii sakhhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa robbinaa lamungqolibuuna.

Artinya:

"Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami".

3 dari 5 Halaman

Doa Agar Selamat di Perjalanan

Subhanal ladzi sakhora lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina wa inna ila ila rabbana la munqalibun. Allahumma inna nas aluka fi safarna hadzal birra wat taqwa wa minal 'amali ma tardla. Allahumma hawwin 'alaina safarana hadza wa'thu 'anna bu'dahu. Allahumma antash shokhibu fis safari wal kholifatu fil ahli. Allahumma inni a'udzubika min wa'tsais safari wa kabatil mundhori wa suil munqolabi fil mali wal ahli.

Artinya:

"Mahasuci Allah yang telah menundukkan (kendaraan) ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya, dan sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga." (HR. Muslim no. 1342, dari ?Abdullah bin ?Umar)

4 dari 5 Halaman

Keutamaan Membaca Doa

a. Mendapat Pahala

Keutamaan membaca doa naik kendaraan yang pertama adalah mendapatkan pahala. Dengan membaca doa, muslim dan muslimah sekaligus telah mengamalkan kebaikan dan senantiasa mengingat Allah SWT.

Tak hanya itu, doa juga mengandung harapan bagi yang membacanya. Sehingga banyak orang yang membaca doa untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

b. Terhindar dari Gangguan

Membaca doa naik kendaraan merupakan salah satu cara senantiasa mengingat kekuasaan Allah SWT. Untuk mendapatkan pertolongan-Nya, sudah sepantasnya setiap muslim membaca doa terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Baik itu melakukan perjalanan darat, udara maupun laut.

Selain itu, membaca doa naik kendaraan juga membuat perjalanan bisa mendapatkan ridho dari Allah SWT. Dengan begitu, semua perjalanan akan berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

5 dari 5 Halaman

c. Menciptakan Rasa Aman

Keutamaan membaca doa naik kendaraan yang ketiga yaitu menciptakan rasa aman dan nyaman. Mengawali membaca doa, selama perjalanan akan membuat hati jauh lebih tenang dan nyaman. Hal ini karena sebaik-baiknya penjaga saat melakukan perjalanan adalah penjagaan dari Allah SWT.

Allah SWT juga satu-satunya tempat berlindung paling aman dan terpercaya dari segala bahaya yang mengancam. Maka dari itu, sebaiknya seorang muslim dan muslimah senantiasa membaca doa naik kendaraan sebelum melakukan bepergian.

Penulis: Tantiya Nimas Nuraini

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR