HOME » BERITA » BAGAIAMANA CARA KERJA KARTU OK-OTRIP ANDALAN ANIES-SANDI?

Bagaiamana Cara Kerja Kartu OK-Otrip Andalan Anies-Sandi?

Kamis, 14 Desember 2017 16:45 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Merdeka.com

OTOSIA.COM - Demi memberikan transportasi umum yang nyaman dan murah, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno meluncurkan program OK-OTrip, layanan transportasi angkutan massal dengan sistem satu tarif ke semua tujuan.

Menurut Anies, pola pengelolaan angkutan umum tak lagi berdasarkan pada penumpang tapi akan dihitung per kilometer perjalanan. Dengan adanya program ini, Anies mengatakan, angkutan umum tak perlu ngetem untuk menunggu penumpang.

"Karena mereka harus kejar kilometer bukan menunggu penumpang. Ini memberi kepastian bagi warga Jakarta dalam penggunaan kendaraan umum," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Kartu OK-Otrip akan berlaku selama tiga jam sejak tapping pertama naik kendaraan dengan tarif Rp 5.000. "Tiga jam bukan sampai turun tapi sampai naik kendaraan. Walaupun empat kali pindah kendaraan dia tak harus membayar dan tetap pakai satu kartu dan dalam tiga jam tak ada tambahan apapun. Kita harap warga bisa merasakan manfaat. Bisa berganti kendaraan dengan harga lebih murah," tandasnya.

Nantinya, untuk membayar tarif pertama kali naik angkot Rp 4.000, kemudian disambung dengan Kopaja hanya terkena tarif Rp 1.000. Bila menyambung kembali dengan bus TransJakarta (TransJ), penumpang tak dikenai biaya. Bila menyambungkan kembali dengan bus TransJakarta (TransJ), penumpang membayar Rp 0.

Melalui program OK-OTrip, pengguna transportasi hanya membayar Rp 5000 dalam sekali tapping dengan durasi tiga jam. Jika telah melewati tiga jam, maka jika warga kembali melakukan perjalanan, akan kembali dikenakan tarif Rp 5000.

 (kpl/fdk)

BERI KOMENTAR