HOME » BERITA » BAHAYA PASANG BUSI MOTOR TERLALU KENCANG

Bahaya Pasang Busi Motor Terlalu Kencang

Senin, 22 Januari 2018 13:45 Editor : Ahmad Khoirudin
Foto: Motorsiana

OTOSIA.COM - Memasang busi pada mesin sepeda motor memang terlihat 'sepele'. Namun meskipun kelihatannya sederhana dan mudah ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam memasang part kecil ini, terlebih untuk yang masih 'awam'.

Satu hal yang paling penting dan perlu diingat dalam memasang busi, yakni kita tidak boleh mengencangkannya secara kuat-kuat. Kenapa demikian?

Dalam mengencangkan busi jangan disamakan seperti mengencangkan baut biasa. Sebab jika busi terlalu kencang dan kondisi logam besi pada mesin mengalami pemuaian maka part ini akan menjadi sulit untuk dilepas di kemudian hari. Biasanya kasusnya, busi sampai patah ketika dilepas.

Nah untuk itu perlu diperhatikan dalam memasang busi, dikutip dari Mansarpost 22/01, pertama yang digunakan tangan biasa untuk memutar busi sampai ke posisi paling kencang. Kemudian baru menggunakan kunci busi, dalam memutarnya pun tidak boleh terlalu banyak hanya sekitar 1/8 putaran.

Sekarang bagaimana menurut otolovers, apa masih ada yang suka mengencangi busi dengan tenaga penuh? Setelah membaca artikel ini sebaiknya pasang busi dengan kekencangan yang ideal seperti tips di atas ya.

(kpl/rd)

BERI KOMENTAR