HOME » BERITA » BAJU BALAPNYA TERBUKA DI MOTOGP CATALUNYA, INI PEMBELAAN FABIO QUARTARARO

Baju Balapnya Terbuka di MotoGP Catalunya, Ini Pembelaan Fabio Quartararo

Ini alasan baju balap Fabio Quartararo terbuka di MotoGP Catalunya

Senin, 07 Juni 2021 09:15 Editor : Ahmad Muzaki
Baju Balapnya Terbuka di MotoGP Catalunya, Ini Pembelaan Fabio Quartararo
Baju balap Fabio Quartararo terbuka (Visordown)

OTOSIA.COM - Kejadian tak terduga dialami oleh Fabio Quartararo di MotoGP 2021 seri Catalunya Spanyol yang digelar di Sirkuit de Barcelona-Catalunya pada Minggu (6/6/2021). Pasalnya baju balapnya terbuka saat balapan menyisakan beberapa lap lagi.

Dari tayangan ulang terlihat jika Quartararo melemparkan pelindungnya ke lintasan balap. Ia kemudian tetap melanjutkan balap dengan dada terbuka.

1 dari 3 Halaman

Melansir Visordown, rider asal Prancis itu mengungkapkan bahwa baju balapnya sudah mengalami kerusakan sejak awal balapan. Pelindung yang ada di dalam baju balapnya menempel di leher, karena itulah ia melepaskannya.

"Di tikungan pertama jas saya terbuka. Saya mencoba untuk menutupnya tetapi saya tidak bisa. Jadi, top drive menjadi sangat sulit seperti itu, tubuh didorong ke belakang oleh angin, saya kehilangan banyak. Pada kecepatan itu pelindung tulang rusuk bergerak dan berakhir di bawah leher saya, itu mengganggu saya jadi saya melepasnya," kata Quartararo.

2 dari 3 Halaman

Atas insiden ini, Suzuki dan Ducati meminta klarifikasi tentang aturan terkait. Sedangkan Juara Dunia MotoGP dua kali, Casey Stoner secara terang-terangan mengatakan bahwa Quartararo harus diberi hukuman.

"Apakah itu @FabioQ20 yang sengaja menjatuhkan ritsleting atau tidak, itu harus dihentikan dengan bendera hitam," tulisnya di Twitter.

"Pada level ini, Anda tidak boleh berlari dengan kecepatan lebih dari 350 km/jam dengan setelan terbuka," tulisnya lagi.

3 dari 3 Halaman

Sementara itu, Fabio Quartararo harus puas mengakhiri balapan di seri Catalunya Spanyol di urutan keempat. Ia harus rela memberikan podium ketiganya kepada Jack Miller karena penalti.

Penalti ini ia peroleh karena dianggap mengambil jalan pintas di antara tikungan 1 dan tikungan 2 pada lap ke-22. Alhasil Quartararo menerima penalti tiga detik dari Race Director.

BERI KOMENTAR