HOME » BERITA » BAN DEPAN MOTOR PUNYA TUGAS 3 KALI LIPAT DARI BAN BELAKANG

Ban Depan Motor Punya Tugas 3 Kali Lipat Dari Ban Belakang

Senin, 10 April 2017 14:15

Ban Depan Motor Punya Tugas 3 Kali Lipat Dari Ban Belakang
Foto: Arsip Otosia
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Saat ini hujan masih masih mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia. Curah hujan yang padat mengakibatkan sejumlah jalanan digenangi air. Untuk melewati jalanan tersebut ternyata ban depan memiliki peran lebih besar dibandingkan ban belakang.

Hal ini karena ban depan sepeda motor harus berhadapan langsung untuk menerjang genangan air di depannya. Sementara untuk roda belakang melewati genangan air yang sudah terbelah oleh roda depan.

Dalam sejumlah informasi mengatakan, "Ban depan sepeda motor memiliki peranan tiga kali lipat dalam menyibak genangan air dibandingkan dengan roda belakang saat melaju,' dikutip dari halaman Facebook OEM Steelhorse Hardware, pada Senin 10/04.

Dan ketika melihat ukuran ban sepeda motor bawaan pabrikan, untuk ban depannya pasti memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan ban belakangnya. Perbedaan ukuran ini diperkirakan sebagai penyeimbang antara kedua ban. Sebab dengan ban depan lebih kecil tekanan untuk memecah genangan air juga akan semakin kecil, kemudian sisanya dilibas oleh ban belakang yang memiliki postur lebih besar.

Dengan demikian, yang pasti kita harus lebih berhati-hati ketika melewati jalanan yang dipenuhi dengan genangan air.

 (kpl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER