HOME » BERITA » BAN LURUS SAAT PARKIR DI JALAN MENURUN SALAH, MITOS ATAU FAKTA?

Ban Lurus Saat Parkir di Jalan Menurun Salah, Mitos atau Fakta?

Otolovers pernah menyadari posisi ban saat parkir di jalan menurun atau menanjak itu penting? Memang, belum banyak orang yang tahu akan hal tersebut.

Jum'at, 24 Agustus 2018 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Youtube

OTOSIA.COM - Otolovers pernah menyadari posisi ban saat parkir di jalan menurun atau menanjak itu penting? Memang, belum banyak orang yang sadar tahu hal tersebut.

Saat parkir di lahan yang mendatar, posisi ban sudah seharusnya lurus sesuai dengan dengan setir. Tapi tidak jika lahan parkir memiliki kontur yang menurun atau menanjak.

Lalu, posisi ban yang benar seperti apa?

Melansir situs resmi Suzuki, posisi ban disarankan sedikit berbelok ke kiri atau ke kanan jika Otolovers sedang parkir di tempat yang menanjak atau menurun. Jika di sekitar tempatparkir terlihat ada trotoar, maka posisi yang paling disarankan adalah ban dibelokkan menghadap trotoar.

Posisi ban seperti itu akan memaksimalkan daya cengkram ban dan meminimalisir mobil melaju begitu saja. Sebaliknya, jika sedang parkir di jalan yang menanjak, posisikan ban ke arah berlawanan dari sisi trotoar.

Jika mobil Otolovers dilengkapi dengan fitur Hill Hold Control (HHC), jangan lupa untuk mengaktifkan fitur tersebut ya. HHC memungkinkan kendaraan tak meluncur atau nyelonong begitu saja saat posisi menanjak atau menurun.

Saat menanjak atau menurun pada posisidiam, fitur ini akan memberi jeda sekitar 2 detik supaya kaki pengemudi bisa melepaskan rem kemudian pindah ke tuas gas.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR