HOME » BERITA » BAN MOBIL SUDAH DIPAKAI LEBIH DARI 30 RIBU KM DAN BELUM DIGANTI, AWAS DIDENDA

Ban Mobil Sudah Dipakai Lebih dari 30 Ribu Km dan Belum Diganti, Awas Didenda

Pemilik mobil dengan ban gundul dan masih dipakai akan dikenai tilang sebesar INR 100. Hal itu lantaran dinilai bisa membahayakan keselamatan.

Kamis, 10 Oktober 2019 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ban Mobil Sudah Dipakai Lebih dari 30 Ribu Km dan Belum Diganti, Awas Didenda
Aturan ban gundul di India (Cartoq)

OTOSIA.COM - Ada saja cara pemerintah India untuk membuat warganya lebih peduli dengan keselamatan berkendara. Kini di India berlaku aturan tentang usia pakai ban mobil.

Melansir Cartoq, aturan itu berlaku mulai bulan lalu. Polisi diizinkan untuk mendenda pengguna jalan yang memakai kendaraan dengan ban yang sudah tua.

Pada aturan itu disebutkan bahwa ban yang sudah dipakai lebih dari 30.000 kilometer berpotensi membahayakan dan pemilik mobil akan didenda.

"Berdasarkan IMV Act, itu menjelaskan bahwa ban harus diganti jika sudah dipakai menjangkau jarak 30.000 kilometer atau mereka bisa kecelakaan karena ban kehilangan daya cengkram. Jadi denda akan dikenakan kepada mereka yang memakai ban yang sudah gundul, karena bisa menyebabkan kecelakaan," kata polisi setempat.

1 dari 1 Halaman

Besaran Denda

Ban Mobil Sudah Dipakai Lebih dari 30 Ribu Km dan Belum Diganti, Awas DidendaBesaran Denda

Denda yang akan dikenakan kepada para pelanggar sebesar INR 100 atau Rp 19.931 (Kurs INR 1 = Rp 199), yang mana tak terlalu mahal. Selain soal ban, pelanggar yang melawan petugas karena tak mau didenda juga akan dikenakan denda dengna nilai sama.

"Ketika kami mendenda pelanggar, mereka sering melawan dan tak mau membayar denda. Mereka berusaha kabur. Saat itu, dengan memberikan denda kepada mereka, bisa membuat mereka disiplin," lanjutnya.

BERI KOMENTAR