HOME » BERITA » BANTING SETIR, DATSUN BIKIN MOBIL LISTRIK MURAH?

Banting Setir, Datsun Bikin Mobil Listrik Murah?

Sempat dinyatakan berhenti, Datsun dikabarkan akan menjadi produsen mobil listrik murah dari Nissan. Begini rinciannya.

Selasa, 10 Mei 2022 17:32 Editor : Arendra Pranayaditya
Banting Setir, Datsun Bikin Mobil Listrik Murah?
Datsun Cross (Datsun)

OTOSIA.COM - Datsun beberapa waktu lalu telah resmi berhenti produksi secara global. Sub-brand dari Nissan ini lebih dulu hengkang dari Indonesia dan Rusia pada tahun 2020.

Menyusul kemudian di tahun 2022, Datsun menghentikan produksi mobil di India. Ia menandakan mereka pamit secara menyeluruh. India menjadi negara terakhir di mana merek ini masih beroperasi.

Kendati demikian, Nissan belum mengambil keputusan terkait masa depan merek Datsun.

1 dari 3 Halaman

Alih fungsi

Datsun GO Live (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Namun Nissan baru-baru ini mengumumkan bahwa merek Datsun tidak benar-benar 'dikubur', Hanya saja banting setir. Melansir Hindustrian Times Auto, Senin (9/5/2022), Datsun digadang-gadang akan membuat mobil listrik murah alias dengan harga terjangkau.

Salah satu sumber Nissan di India menyatakan, rencana tersebut kini tengah dalam pembahasan. Walau demikian, belum ada informasi secara resmi dari pihak Nissan, apakah kendaraan listrik murah merek Datsun akan direalisasikan dalam waktu dekat.

2 dari 3 Halaman

"Sebagai bagian dari strategi transformasi global Nissan, kami berfokus pada model dan segmen inti yang memberikan manfaat paling besar bagi pelanggan, mitra diler, dan bisnis," kata pihak Nissan.

Sebagai peralihan fungsi merek, belum ada bocoran lebih jauh tipe mobil listrik Datsun yang akan diperkenalkan perdana.

Sebagai gambaran, Nissan mempunyai dua mobil berbasis listrik. Pertama adalah Nissan Kicks e-Power yang berbasis listrik, namun dipasangkan mesin biasa untuk mengisi baterai. Mobil ini dikategorikan sebagai hybrid range externder

 

3 dari 3 Halaman

Sementara mobil listrik Nissan lainnya adalah LEAF yang secara menyeluruh dipacu oleh tenaga listrik. Hal ini membuat mobil menjadi ramah lingkungan dan disegmentasikan sebagai Battery Electric Vehiclei (BEV).

BERI KOMENTAR