HOME » BERITA » BANYAK BIKER ASING MAU TOURING DI INDONESIA, TAPI IZINNYA SULIT

Banyak Biker Asing Mau Touring di Indonesia, tapi Izinnya Sulit

Kesulitan untuk masuk Indonesia sendiri antara lain terkait dengan perizinan sepeda motor mereka.

Minggu, 01 April 2018 08:00 Editor : Nurrohman Sidiq
Foto by Nazar Ray

OTOSIA.COM - Biker asing yang melakukan touring di Asia biasanya tertarik masuk ke Indonesia. Cerita ini sudah banyak disampaikan, termasuk kali ini oleh Ketua Umum Yamaha NMax Club Indonesia (YNCI) Yudi Kusuma.

Namun, problemnya adalah sulitnya perizinan bagi biker warga negara asing untuk masuk ke Indonesia.

Karena itu, biker yang mengaku pernah touring dengan Nmax bersama 30 orang ke Serawak ini sedang berkomunikasi dengan dinas pariwisata dan juga Kementerian Perhubungan terkait rencana untuk mempermudah izin itu.

"Ke depan nih saya sudah mengajukan ke dinas pariwisata. Salah satunya bikers dari luar itu mereka agak sulit masuk ke Indonesia karena perihal perizinan. Keluhan mereka rata-rata itu," kata dia.

Biker yang jalan-jalan di seputaran Asia biasanya punya tujuan Indonesia. Baru setelah itu, mereka akan menyeberang ke Australia.

Kesulitan untuk masuk Indonesia sendiri antara lain terkait dengan perizinan sepeda motor mereka. Cerita ini Yudi peroleh ketika bertemu biker trail besar asal Thailand yang katanya kini bisa masuk Indonesia.

"Kemarin ada biker Thailand, naik trail besar Yamaha Tracer. Itu dia jalan, sekarang kalau enggak salah posisinya di Bali. Dia cerita di Indonesia itu izinnya sulit. Masalah izin motor, agak dipersulit," ujarnya.

Jika izin touring biker asing itu gol, menurut dia ada potensi yang bisa digali selain memperkenalkan Indonesia ke dunia luar, yakni peran bagi biker lokal untuk menjadi guide.

"Saya sama dinas pariwisata dan Kemenhub kemarin bahas izin masuk biker-biker luar negeri, nanti kami jadi guide-nya di sini supaya mereka bisa mengenal Indonesia itu seperti apa," paparnya lagi.

(kpl/nzr/sdi)

BERI KOMENTAR