HOME » BERITA » BANYAK MOBIL BMW TERBAKAR DENGAN SENDIRINYA, APA PENYEBABNYA?

Banyak Mobil BMW Terbakar Dengan Sendirinya, Apa Penyebabnya?

Jum'at, 19 Mei 2017 21:15

Banyak Mobil BMW Terbakar Dengan Sendirinya, Apa Penyebabnya?
Image by carscoops
Editor : Magang | Reporter : Nicko Novanto

Otosia.com - Dimana ada asap, pasti ada api. Namun, kasus yang satu ini cukup misterius dan mungkin hampir sama dengan kasus Samsung S7 yang dikabarkan sering terbakar dengan sendirinya. Dari laporan ABC News kepada redaksi carscoops.com (12/05), telah dilaporkan banyak mobil-mobil BMW yang terbakar dengan sendirinya di Amerika Serikat.

Dikabarkan pula bahwa kendaraan tersebut padahal dalam kondisi terparkir dengan mesin yang sudah mati, lalu, tidak lama kemudian, tiba-tiba asap pun keluar dari kap mesin mobil hingga mengakibatkannya terbakar hingga hangus. Kejadian serupa juga terjadi di Oshawa, Kanada. Tepatnya pada bulan Oktober 2016, kejadian itu terjadi saat sang pengemudi meninggalkan mobilnya selama 20 detik hingga akhirnya BMW 328i miliknya itupun langsung terbakar.

Hal yang sama kembali terjadi pada awal bulan Februari 2017 di Massachusetts yang melibatkan BMW 2-series hangus dilalap oleh si jago merah. Beruntungnya, petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api sebelum merambat kedalam rumah pemilik kendaraan.

Tidak ada korban jiwa maupum luka-luka dalam insiden tersebut. Akibatnya, kerugian yang dicapai pada kejadian tersebut diperkirakan mencapai $50.000 (Rp. 667 juta) dan penyebab kebakaran masih diselidiki oleh pihak kepolisian dan juga dari pihak petugas pemadam kebakaran. Kejadian itu tidak hanya terjadi beberapa kali saja, BMW telah mendapat banyak komplain yang sama selama lima tahun belakangan ini.

ABC News menyebutkan bahwa 40 kejadian yang sama telah terjadi dan melibatkan mobil BMW yang sedang terparkir. Penyebab terjadinya kebakaran itu masih belum diketahui hingga saat ini. Pihak BMW juga belum mengetahui apa penyebab dari insiden misterius tersebut dan menganggap hal itu sebagai hal yang benar-benar langkah.

Kejadian misterius itu tidak hanya terjadi di Amerika Serikat dan Kanada saja, bahkan juga terjadi di beberapa negara lainnya. Pemerintah Korea Selatan rencananya akan bantu menginvestigasi apa penyebab kebakaran tersebut untuk meminimalisir kejadian serupa terjadi.

Saat ini, ada beberapa dugaan bahwa kebakaraan tersebut terjadi akibat konsleting listrik pada bagian mesin mobil yang mengakibatkan mesin terbakar. Hal itu terjadi karena mesin-mesin modern masa kini yang digunakan kebanyakan menggunakan beberapa komponen yang mengandalkan tenaga listrik dan saat mesin kendaraan dimatikan, komponen ini masih berjalan. Untuk sementara, pihak BMW telah melakukan investigasi pada model-modelnya terkait insiden yang terjadi sebelumnya. Namun, mereka masih belum menemukan penyebab bagaimana kebakaran misterius itu terjadi.

 

(kpl/nic/mag)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-19
detail

BERITA POPULER