HOME » BERITA » BATAL DENGAN HYUNDAI, NISSAN DISEBUT JADI KANDIDAT KUAT MITRA APPLE

Batal dengan Hyundai, Nissan Disebut jadi Kandidat Kuat Mitra Apple

Setelah Hyundai dan KIA, kini nama Nissan masuk dalam bursa mitra Apple untuk Apple Car. Nissan bahkan disebut menjadi kandidat kuat yang akan menjadi mitra Apple.

Jum'at, 12 Februari 2021 14:15 Editor : Dini Arining Tyas
Batal dengan Hyundai, Nissan Disebut jadi Kandidat Kuat Mitra Apple
Logo Nissan (Autoevolution)

OTOSIA.COM - Negosiasi Apple dan Hyundai maupun KIA sepertinya tak menemukan titik terang. Raksasa teknologi Amerika itu dikabarkan tak melanjutkan negosiasinya bersama Hyundai ataupun KIA untuk mengembangkan Project Titan.

Kini ramai dikabarkan bahwa Apple sedang melakukan negosiasi lain dengan pabrikan otomotif lainnya. Kabar itu merujuk ke Nissan yang kini digadang-gadang menjadi kandidat kuat mitra Apple, meskipun banyak yang percaya bahwa Apple akan berkolaborasi dengan BMW atau Magna.

Dilansir dari Autoevolution, Chief Executive Officer Nissan, Makoto Uchida mengatakan adanya kemungkinan kolaborasi dengan Apple untuk membuat mobil listrik.

"Kami perlu mengambil inisiatif baru. Kami perlu bekerja dengna perusahaan yang berpengetahuan luas, dengan pengalaman yang baik, melalui kemitraan dan kolaborasi," katanya.

1 dari 3 Halaman

Dengan kata lain, Nissan siap jika Apple ingin bekerja sama dengannya. Meskipun saat ini masih belum diketahui apakah keduanya benar-benar membahas pengembangan Apple Car atua tidak.

Seorang analis, Mio Kato mengatakan bahwa Nissan adalah kandidat paling mungkin untuk bernegosiasi dengan Apple. "Kandidat yang paling mungkin untuk berdiskusi dengan Apple dan tentu saja Nissan memiliki kapasitas yang dibutuhkan untuk menangani proyek besar seperti Apple Car," katnaya.

Di sisi lain, apa yang dilakukan CEO Nissan itu tampak seperti deja vu saat Hyundai juga melakukan hal yang sama. Setelah itu yang terjadi adalah bahwa Apple tak melanjutkan dengan Hyundai.

 

2 dari 3 Halaman

Apple 'Ngambek' Gara-Gara Hyundai 'Ember', Kolaborasi Terancam Batal

Bulan Januari 2021 lalu, kabar Hyundai akan menjadi mitra Apple untuk memroduksi Apple Car muncul. Bahkan Hyundai sempat mengonfirmasi bahwa kabar itu benar, sebelum kemudian menganulir pernyataan mereka sendiri.

Meski begitu, Hyundai terkesan tak membantah bahwa ada rencana kerja sama dengan raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu. Menurut pihak Hyundai, mereka masih ada di tahap awal untuk berdiskusi mengenai proyek tersebut.

Akibat bocornya kabar tersebut, Apple kini rupanya tak menyukai apa yang sudah dilakukan oleh Hyundai. Seperti diketahui, Apple dikenal sebagai perusahaan yang terobsesi dengan rahasia, mereka akan menutup rapat segala macam bentuk informasi tentang produk-produk penting mereka.

 

3 dari 3 Halaman

(c) Carscoops

Dilansir dari Autoevolution, sebuah laporan baru mengungkapkan bahwa CEO Tim Cook dan para eksekutif lainnya memutuskan untuk menghentikan pembicaraan mereka dengan Hyundai baru-baru ini. Hal itu lantaran mereka kesal dengan cara Hyundai menangani Project Titan itu.

Kabar buruk bagi Hyundai adalah bahwa kini Apple disebut tengah membuat pembicaraan pabrikan lain. Meski begitu, Apple diyakini akan agak sulit menemukan perusahaan lain yang memiliki kapasitas produksi lokal dan bersedia merakit Apple Car.

Selain Hyundai, Apple sebenarnya juga dikabarkan akan bekerja sama dengan KIA, yang mana KIA dan Hyundai merupakan satu grup. Apple dikabarkan akan berinvestasi sekitar USD 3,6 miliar di KIA Motors untuk produksi mobil listrik di pabrik KIA Georgia.

BERI KOMENTAR