HOME » BERITA » BAUT VELG LEPAS SATU, MASIH AMANKAH?

Baut Velg Lepas Satu, Masih Amankah?

Baut pelek mobil lepas satu adalah pemandangan yang bisa dilihat di jalanan. Kadang ngilu lihatnya, takut-takut roda malah copot di tengah jalan.

Kamis, 12 April 2018 14:15 Editor : Cornelius Candra
Foto : Nazar Ray

OTOSIA.COM - Baut pelek mobil lepas satu adalah pemandangan yang bisa dilihat di jalanan. Kadang ngilu lihatnya, takut-takut roda malah copot di tengah jalan.

Namun, dalam kacamata keselamatan berkendara, baut roda lepas satu masih memungkinkan dalam kondisi genting.

Syaratnya kata Suroto, teknisi Jakarta Ban, bahwa roda tersebut berstandar lima baut. Selain itu, baut pun harus dalam kondisi prima.

"Baut lepas satu, kalau lubang lima masih (toleran). Tapi harus dipastikan materail bautnya bagus. Kadang material bautnya sendiri kurang bagus. Yang paling penting, baut-baut yang tersisa kencang dan tidak kendur. Pastikan ini, kekencangan baut yang lain harus ngunci," kata dia.

Apalagi jika mobil dipakai untuk jarak jauh, hal-hal semacam ini seharusnya sudah dipastikan terlebih dahulu.

Di luar memastikan bahwa velg itu untuk lima baut dan kekuatan bautnya sendiri, syarat lain agar tetap aman adalah bahwa velgnya adalah velg standar dan duduk kuat di as roda.

"Kalau lubang baut lima, kuat, asalkan velgnya kuat knocked duduk di as. Misalnya dia velg standar, dipastikan dia knocked duduk di as. Tetapi kalau velg custom kadang kala sudah beda. Tergantung," kata dia.

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR